Merawat Mobil Berkelir Putih Supaya Tidak Menguning

Kompas.com - 22/11/2020, 17:21 WIB
Ilustrasi cuci mobil warna putih Image wisegeek.comIlustrasi cuci mobil warna putih
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini mobil dengan warna putih masih jadi salah satu yang terfavorit dipilih konsumen Indonesia. Alasannya sederhana, lebih elegan dan tampak minimalis.

Namun memilih kendaraan berkelir putih punya risikonya tersendiri karena noda akan lebih terlihat dibandingkan warna lainnya. Sehingga penting untuk memperhatikan perawatan agar eksterior mobil tidak bertransisi menjadi menguning.

Fikri Fitramadhan dari Detail N Co mengatakan, biasanya mengusamnya warna pada cat mobil mayoritas terjadi akibat kebiasaan mencuci mobil, yang dilakukan di bawah matahari langsung. Atau bisa juga ketika kondisi bodi mobil masih panas.

Baca juga: Jangan Injak Rem Terus-menerus di Jalan Menurun, Bahaya!

Poles mobil warna putihdaicare.co.id Poles mobil warna putih

"Warna putih merupakan warna yang sensitif terhadap perubahan suhu, sehingga butuh perhatian ekstra," katanya belum lama ini.

Fikri turut menjelaskan, mencuci mobil saat kondisi bodi masih panas, membuat sisa air di permukaan bodi lebih cepat mengering. Akibatnya timbul water spot pada bodi mobil.

Faktor lainnya, pemilik yang malas membersihkan mobil usai digunakan harian sehingga debu dan bercak air dibiarkan mengering dengan sendirinya.

Kepala Bengkel Body and Paint Auto2000 Singosari Buddy Sukmawan mengatakan, pada dasarnya warna putih memiliki pigmen yang lebih berat dibandingkan warna lain.

Dalam jangka waktu tertentu, pigmen tersebut bisa masuk ke dalam lapisan bawah cat, sementara campuran lain naik ke permukaan.

"Dengan sifat pigmen tersebut, maka dalam jangka waktu tertentu yang biasanya cukup lama akan membuat warna tadi menimbulkan efek menguning. Terutama untuk warna white pearl, itu cukup sering kejadian," ujar Buddy.

Baca juga: Mobil Ringsek Karena Kecelakaan, Lebih Baik Ganti Sasis atau Diperbaiki?

Suzuki ErtigaKOMPAS.com/Ruly Suzuki Ertiga

Dalam jangka waktu, menurut Buddy biasanya proses menguning pada kelir putih bisa terjadi saat mobil berusia di atas tiga tahun. Bahkan akan lebih cepat bila pemilik mobil terbilang jorok dalam merawat mobil, seperti jarang mencuci, parkir di tempat terbuka, dan kurang perawatan.

Ketika hal itu sudah terjadi, akan sulit mengembalikan warna mobil menjadi putih sedia kala kecuali melakukan cat ulang.

"Kalau dipoles itu tidak jaminan, kalau kotoran mungkin bisa di poles, tapi kalau menguning pada warna putih itu karena bukan hanya di permukaan tapi di bagian lapisan cat juga, maka solusinya di repaint kembali dengan catatan kembali ke warna standar," ucap Buddy.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X