Kenapa Pemula Dianjurkan Menarik Tuas Rem Motor dengan Empat Jari?

Kompas.com - 05/11/2020, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengendarai motor merupakan keahlian yang bisa dilatih. Bagi pemula, ada satu cara agar aman ketika mengendarai motor, yaitu dengan menarik tuas rem dengan keempat jari.

Lalu mengapa pemula harus melakukan teknik pengereman seperti itu?

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, pertimbangan menarik tuas rem dengan empat jari dilakukan agar pemula lebih yakin saat mengurangi kecepatannya.

Baca juga: Pol Espargaro Sebut Pindah ke Honda Bisa Hancurkan Karier

Mengerem sepeda motor ada teorinya.mpm-motor.co.id Mengerem sepeda motor ada teorinya.

“Menarik tuas rem dengan empat jari dilakukan agar yakin tidak meleset. Karena jika hanya satu jari, jika jari terpeleset, pasti panik dan berujung tabrakan,” ucap Sony kepada Kompas.com, Rabu (4/11/2020).

Tapi sebenarnya Sony mengatakan kalau mengerem bisa dilakukan dengan dua atau tiga jari, selama tidak hanya mengandalkan satu jari. Namun teknik mengerem dengan empat jari ini lebih kepada keamanan dan faktor kebiasaan.

Baca juga: PO Garuda Mas Tambah Dua Bus Tingkat untuk Armada AKAP

“Ketika mengerem dengan empat jari, gas ditutup dengan sempurna. Hal ini juga bisa dilakukan untuk membuat kebiasaan keempat jari tidak stand by di handel rem,” kata Sony.

Jika di motor skutik, yang posisi rem belakangnya ada di sisi kiri setang, sebaiknya tangan jangan stand by di tuas rem. Kebiasaan ini malah membuat pengendara jadi agresif, sehingga roller jadi cepat aus dan akhirnya motor jadi bergetar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.