Berkaca dari Terbakarnya Range Rover, Ini Pentingnya Bawa APAR

Kompas.com - 03/09/2020, 07:02 WIB
Ilustrasi mobil terbakar howkenya.comIlustrasi mobil terbakar

JAKARTA, KOMPAS.com – Kejadian mobil terbakar saat melaju di jalan kembali terjadi. Rabu ((2/9/2020) pagi, Range Rover terbakar di jalan tol Dalam Kota, Cawang.

Belum diketahui pasti penyebab kecelakaan ini. Namun, SUV asal Inggris itu langsung ditangani Dinas Pemadam Kebakaran dan kepolisian.

“Kejadian jam 09.00 WIB di KM 1 200 arah Cawang,” ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, kepada Kompas.com (2/9/2020).

Baca juga: Range Rover Hangus Terbakar di Tol, Pahami Ciri Mobil Akan Terbakar

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah mobil merek Range Rover terbakar di Tol Dalam Kota Cawang-Otista, Jakarta, Rabu (2/9/2020).  Mobil terbakar di bahu jalan tol.   Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes  Sambodo Purnomo Yogo mengatakan mobil Range Rover terbakar pada pukul 09.00 WIB.  “Kejadian jam 09.00 di KM 1 200 arah Cawang. Mobil Range Rover,” kata Sambodo kepada Kompas.com, Rabu (2/9/2020) pagi.  Sambodo terlihat memantau langsung proses pemadaman mobil Range Rover.   Ia hadir sekitar pukul 09.46 WIB.  Pantauan dari akun TMC Polda Metro Jaya, asap hitam terlihat mengepul dari mobil yang terbakar.  “Bagi pengendara, diharap menghindari jalur tersebut. Situasi arus lalu lintas terpantau padat,” tulis akun TMC Polda Metro.  Petugas pemadam kebakaran juga sudah terlihat memadamkan api yang membakar mobil Range Rover.  Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Kota Administrasi Jakarta Selatan, Ruwanto mengatakan, kebakaran mobil sudah bisa diatasi.  Sebuah mobil pemadam kebakaran terlihat diterjunkan untuk memadamkan mobil Range Rover yang terbakar.  Api kini sudah bisa dipadamkan.Dok. TMC Polda Metro Jaya JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah mobil merek Range Rover terbakar di Tol Dalam Kota Cawang-Otista, Jakarta, Rabu (2/9/2020). Mobil terbakar di bahu jalan tol. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan mobil Range Rover terbakar pada pukul 09.00 WIB. “Kejadian jam 09.00 di KM 1 200 arah Cawang. Mobil Range Rover,” kata Sambodo kepada Kompas.com, Rabu (2/9/2020) pagi. Sambodo terlihat memantau langsung proses pemadaman mobil Range Rover. Ia hadir sekitar pukul 09.46 WIB. Pantauan dari akun TMC Polda Metro Jaya, asap hitam terlihat mengepul dari mobil yang terbakar. “Bagi pengendara, diharap menghindari jalur tersebut. Situasi arus lalu lintas terpantau padat,” tulis akun TMC Polda Metro. Petugas pemadam kebakaran juga sudah terlihat memadamkan api yang membakar mobil Range Rover. Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Kota Administrasi Jakarta Selatan, Ruwanto mengatakan, kebakaran mobil sudah bisa diatasi. Sebuah mobil pemadam kebakaran terlihat diterjunkan untuk memadamkan mobil Range Rover yang terbakar. Api kini sudah bisa dipadamkan.

Kejadian terbakarnya mobil saat melaju biasanya terjadi karena korsleting listrik atau adanya kebocoran oli atau bahan bakar di ruang mesin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, pemilik kendaraan sebetulnya tidak perlu panik saat terjadi kebakaran jika memiliki alat pemadam api ringan atau APAR.

Menurutnya, pengemudi kerap mengabaikan APAR di dalam mobil. Biasanya hanya kotak P3K dan tool kit saja yang ada pada interior.

Baca juga: Harga Sedan Mewah Bekas Taksi, Camry dan Mercy Cuma Rp 100 Jutaan

alat pemadam api ringan (APAR) terpasang di dalam mobilEbay alat pemadam api ringan (APAR) terpasang di dalam mobil

“Jadi sudah saatnya pengemudi sadar pentingnya membawa APAR. Pengemudi disarakankan membawa yang berukuran minimal 2,5 kilogram,” ucap Sony kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Sony menambahkan, dalam menghadapi situasi darurat seperti kebakaran, pengemudi memang harus tenang dan butuh latihan.

Kemudian, taruh apar di tempat yang mudah dijangkau, semisal di kolong jok pengemudi. Segera hentikan mobil jika mobil mengeluarkan asap yang tidak wajar, misal dari kap mesin.

Baca juga: Kisaran Biaya Kepemilikan Mazda CX-30, Servis hingga Pajak Tahunan

Ilustrasi mobil terbakar secara tiba-tibatrofire.com Ilustrasi mobil terbakar secara tiba-tiba

Setelah berhenti di tempat yang aman, buka kap mesin dan lihat sumber api atau jika sempat putuskan arus aki.

“Semprot sumber api dengan alat pemadam yang dibawa. Tapi jika sudah besar dan merembet, lebih baik menjauh dan pasrah,” katanya.

Sony juga mengatakan, punya APAR memang tidak menjamin mobil bisa selamat dari kobaran api. Tapi minimal kita bisa melakukan tindakan antisipatif untuk diri sendiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.