Bus Medium dengan Tameng Besi, Milik PO Intra di Medan

Kompas.com - 03/09/2020, 08:22 WIB
Bus medium dengan tameng Instagram/alex_oyeeBus medium dengan tameng

JAKARTA, KOMPAS.comBus dengan trayek Sumatera memang memiliki ciri tersendiri dibanding yang ada di pulau Jawa, yaitu memakai tameng besi di kaca depannya. Fungsi tameng besi ini sebagai pelindung pengemudi dari lemparan batu.

Umumnya, baru bus besar saja yang menggunakan tameng besi untuk kaca depan. Namun, ada satu perusahaan otobus (PO) asal Medan, PO Intra yang memasang tameng besi pada bus medium.

Diketahui, jenis bodi yang digunakan PO Intra untuk bus medium, yaitu Tourista Single Glass dari karoseri Laksana di Semarang. Kemudian untuk tameng besi, dipasang langsung dari karoseri.

Baca juga: Harga Sedan Mewah Bekas Taksi, Camry dan Mercy Cuma Rp 100 Jutaan

Tameng buspalembang baru Tameng bus

“Untuk bahannya memakai besi lalu dicat hitam. Untuk bus medium, biaya pembuatan tameng sekitar Rp 2,5 juta,” ucap Werry Yulianto, Export Manager karoseri Laksana, kepada Kompas.com, rabu (2/9/2020).

Werry juga mengatakan, untuk bus medium, masih sedikit yang memakai tameng besi pada bagian kaca depannya, biasanya hanya bus besar saja yang menggunakan pelindung tambahan ini.

Baca juga: Range Rover Hangus Terbakar di Tol, Pahami Ciri Mobil Akan Terbakar

Tameng besi memang sudah menjadi ciri dari bus Sumatera-an, katanya di sana masih banyak atlit lempar batu ke bus,” kata Werry.

Tameng bus ini juga sebenarnya bisa saja dipasang pada bus dengan trayek selain ke Sumatera. Apalagi pada awal bulan Agustus 2020, PO Rosalia Indah dan Murni Jaya menjadi korban pelemparan batu di daerah Bumiayu, Jawa Tengah.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X