Isi BBM di SPBU Pertamina, Pengendara Mobil Jangan Turun

Kompas.com - 07/06/2020, 08:21 WIB
Mengisi bensin sesuai dengan spek kendaraan agar mesin tetap awet KompasOtomotifMengisi bensin sesuai dengan spek kendaraan agar mesin tetap awet

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka menghadapi era new normal, beberapa sektor usaha dan jasa telah menyiapkan protokol atau standar operasional prosedur (SOP).

Tidak terkecuali untuk PT. Pertamina yang juga sudah menyiapkan aturan baru untuk para pekerja, maupun pelanggan.

Ada beberapa hal yang harus dipahami ketika ingin mengisi Bahan Bakar Minyak ( BBM) di SPBU terdekat. Salah satunya adalah pengemudi roda dua wajib turun dari kendaraan ketika melakukan pengisian BBM.

Baca juga: Mobil Bekas Banjir Rob Harganya Jadi Lebih Murah?

“Hal ini dilakukan demi keselematan bersama, karena jika terjadi percikan api dari kendaraan mayoritas konsumen panik. Motor bisa saja ditinggal, yang akhirnya menyebabkan BBM tumpah dari tangki sehingga api bisa menjadi besar,” ujar Kepala SPBU Pertamina MT Haryono, Paimin saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (06/06/2020).

Tempat cuci tangan di SPBUKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Tempat cuci tangan di SPBU

Baca juga: Sirkuit Sentul Siapkan Protokol Kesehatan Balap Saat New Normal

Sedangkan, untuk pelanggan roda empat, disarankan untuk tetap berada di dalam mobil.

Selain itu, pelayanan self service mengalami perubahan. Konsumen tidak diperbolehkan mengisi BBM sendiri untuk menghindari penularan Covid-19.

“Sebelum masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pelayanan self service masih diberlakukan, tetapi saat ini semua pelayan diubah dan dilakukan oleh operator,” katanya.

Setiap pekerja di SPBU Pertamina juga sudah dibekali dengan standar protokol kesehatan, yaitu, sarung tangan, masker, dan juga faceshield.

Handsanitizer di SPBUKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Handsanitizer di SPBU

“Petugas juga diwajibkan menjaga jarak minimal satu meter baik dengan petugas lainnya ataupun dengan konsumen,” katanya.

Tidak hanya itu saja, pihak Pertamina juga menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer di beberapa sudut SPBU.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X