Jangan Asal Tekuk Spion Mobil Retractable

Kompas.com - 20/05/2020, 08:42 WIB
Samar Almogren terlihat di kaca spion mobilnya saat berkendara melalui jalanan Kota Riyadh, Minggu (24/6/2018). Momen bersejarah tercipta setelah otoritas Saudi pada 24 Juni waktu setempat resmi mencabut larangan bagi perempuan untuk mengemudi sebagai bagian dari program Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman memodernisasi beragam aspek dalam masyarakat Saudi. AFP PHOTO/FAYEZ NURELDINESamar Almogren terlihat di kaca spion mobilnya saat berkendara melalui jalanan Kota Riyadh, Minggu (24/6/2018). Momen bersejarah tercipta setelah otoritas Saudi pada 24 Juni waktu setempat resmi mencabut larangan bagi perempuan untuk mengemudi sebagai bagian dari program Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman memodernisasi beragam aspek dalam masyarakat Saudi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi di mobil terus berkembang. Jika dulu membetulkan spion mesti pakai cara manual, sekarang sudah serba elektrik alias bisa diatur menggunakan tombol.

Namun, rupanya tak sedikit pengendara mobil yang memperlakukan spion retractable atau bisa melipat secara otomatis seperti spion jadul alias digerakkan manual pakai tangan.

Baca juga: Ganti Spion Motor Model Jalu Bagaimana Regulasinya?

Padahal kata Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, tak semua spion retractable bisa ditekuk secara manual, jika salah maka spion bisa rusak.

Posisi kaca spion yang ideal agar bisa berfungsi dengan baik.www.inovasee.com Posisi kaca spion yang ideal agar bisa berfungsi dengan baik.

"Ada spion yang jika terkena benturan, gir mekanismenya patah. Spion sekarang ada yang memiliki pengaman dan ada yang tidak. Ada juga yang bisa menekuk saat terkena benturan atau ditekuk manual," kata Didi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Untuk itu jika belum yakin apakah spion tersebut bisa ditekuk manual atau tidak, biasakan untuk selalu menekuk spion melalui tombol yang memang disediakan pabrikan.

Baca juga: Ganti Spion Motor, Jangan Hanya Terbuai Gaya

Tak lupa jika parkir di tempat terbuka sebaiknya tekuklah spion sebelum keluar dari mobil. Pun jika memang melewati jalan yang sempit dua arah dan harus berhadapan dengan kendaraan lain.

"Hal ini bertujuan agar spion terhindar dari senggolan dengan kendaraan lain atau menghindari spion ditekuk secara manual oleh orang lain, seperti petugas parkir," katanya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X