Pahami Perbedaan Parkir Mobil Seri dan Paralel serta Etikanya

Kompas.com - 12/05/2020, 13:47 WIB
Ilustrasi berkendara di bulan puasa AFP PHOTO/FAYEZ NURELDINEIlustrasi berkendara di bulan puasa

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu faktor utama yang harus diperhatikan saat mengendarai mobil adalah kemampuan dalam memarkir kendaraan.

Terutama ketika berada di pusat perbelanjaan atau gedung perkantoran, pengemudi dituntut harus bisa memarkir kendaraannya dengan luas lahan yang sangat terbatas. Selain itu, bersebelahan dengan mobil lain dan tidak boleh tergores sama sekali.

Oleh sebab itu, sebaiknya pengemudi memahami dulu kedua teknik parkir tersebut sebelum berkendara di jalan raya.

Parkir seri atau yang lebih sering disebut parkir berjajar. Menurut Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, teknik parkir ini memang dinilai lebih sulit dibandingkan dengan teknik paralel.

Baca juga: Dear Ladies, Begini Cara Memilih Helm yang Nyaman untuk Berkendara

“Parkir seri memang membutuhkan keahlian khusus dibanding parkir pararel. Kerena harus mengepaskan posisi mobil, tidak terlalu ke kanan atau ke kiri sehingga bisa memberi ruang yang pas untuk mobil di sebelahnya,” ujar Sony kepada Kompas.com.

ilustrasi parkir mobil pararelwww.rgj.com ilustrasi parkir mobil pararel
Sementara itu, untuk teknik parkir paralel, pengemudi harus menempatkan posisi sejajar dengan jalan. Biasanya cara parkir jenis ini terjadi di pinggir jalan raya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski dinilai lebih mudah, ada hal penting yang harus diperhatikan saat parkir pararel. Parkir paralel yang diperbolehkan adalah ketika mobil tidak menutupi parkir seri dan tidak boleh dimajumundurkan.

Baca juga: Beragam Kesalahan Newbie Saat Mengemudi Mobil

“Ketika parkir paralel, harus dipastikan bahwa mobil yang akan diparkir memiliki jarak 1 meter dari mobil di depan dan di belakang supaya tidak menyusahkan saat kendaraan lain ingin keluar,” kata Sony.

Sony juga mengingatkan bagi semua pengemudi mobil, saat memarkirkan kendaraan baik seri maupun paralel, sebaiknya mobil tetap harus menggunakan shift lock agar mobil tetap aman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.