Ini Alasan Kembangan Ban Mobil Bagian Depan dan Belakang Berbeda

Kompas.com - 31/03/2020, 07:12 WIB
Kia Rio LS jadi salah satu estate murah di pasar mobil bekas OLXKia Rio LS jadi salah satu estate murah di pasar mobil bekas
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kembangan atau pola tapak ban mobil depan dan belakang tidak sama. Hal ini dilakukan sebab, ban depan dan belakang memiliki fungsi yang berbeda sesuai kebutuhan.

Panji Ardiansyah, Technical Support PT Multistrada Arah Sarana, produsen ban Achilles, menjelaskan, kembangan dan depan berfungsi untuk daya cengkram sedangkan ban belakang slide di tikungan.

Baca juga: Isi Ban Mobil dengan Cairan Anti Bocor, Bisa Ganggu Balans

"Ban depan untuk daya cengkram dan berguna sebagai pemecah air. Maka itu desain kembangannya beda. Sementara ban belakang, untuk slide, dibutuhkan ketika di tikungan," ujar Panji kata Kompas.com, belum lama ini.

ban mobil baruKompas.com/Fathan Radityasani ban mobil baru

Kembangan ban belakang, lanjut Panji, dirancang agar dapat mengakomodir tugasnya sebagai tempat tumpuan energi yang disalurkan oleh mesin dan juga beban dari mobil tersebut.

"Ban belakang juga memiliki fungsi membuat mobil lebih stabil saat diajak berkendara," kata Panji.

Panji mengatakan, kembangan ban depan dan belakang tidak boleh dibuat sama karena akan berdampak saat mobil melewati tikungan dan saat kondisi permukaan jalan basah.

"Dampaknya ketika melaju di tikungan, mobil akan menjadi tidak stabil ketika menikung. Jika kondisi jalan basah, pembuangan air juga jadi tidak maksimal. Sehingga, jalanan terasa licin," ujar Panji.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X