Pabrik Filipina Tutup, Honda Indonesia Masih Menanti Nasib BR-V

Kompas.com - 01/03/2020, 09:24 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Keputusan penutupan pabrik produksi mobil Honda di Filipina oleh Honda Car Philippines Incorporation pada Maret 2020 berdampak pada gerak roda bisnis Honda di Indonesia.

Hal tersebut karena selama ini PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen tunggal pemegang merek kendaraan roda empat Honda di Tanah Air telah melakukan kegiatan ekspor komponen BR-V dan City ke sana.

"Sebelum ditutup, kami melakukan ekspor beberapa komponen untuk BR-V sekitar 400 set unit dan Honda City sebanyak 500 set unit tiap bulannya. Maka, tentu ini akan berdampak," kata Bussiness Innovation & Sales Marketing Director HPM Yusak Billy saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Sabtu (29/2/2020).

Baca juga: Cari Mobil Diesel Bekas, Masih Ada yang Lebih Murah dari Panther

Honda BR-V melintasi jalur Tawangmangu menuju Candi Cetokompas.com Honda BR-V melintasi jalur Tawangmangu menuju Candi Ceto

"Kendati demikian, kita belum memutuskan langkah selanjutnya. Hal itu sedang dibahas oleh prinsipal, khususnya Honda Asia Oceania Region karena menyangkut berbagai aspek," lanjut Billy.

Tetapi, HPM mengaku tidak akan menyerah untuk mempertahankan volume ekspor ke Filipina. Maka, tidak menutup kemungkinan BR-V buatan lokal bakal mengaspal di sana.

"Relokasi produksi untuk kebutuhan pasar BR-V di sana sedang dalam pembahasan, kami menunggu keputusan prinsipal. Bicara pasar BR-V di Filipina, per bulannya sekitar 400 unit, tidak jauh dengan Brio," kata Billy.

Sebagaimana diketahui, HPM tahun lalu sudah melakukan ekspor Brio secara utuh atau completely built up (CBU) ke Filipina. Berdasarkan catatannya, sedikitnya ada 4.200 unit Brio rakitan Indonesia yang dikapalkan tiap tahun.

Adapun penyebab penutupan pabrik Honda di Filipina adalah karena perusahaan mengalami penurunan laba selama dua tahun terakhir. Pabrik yang telah memperkerjakan 650 pekerja ini sudah beroperasi sejak 1992.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.