3 Ubahan Aturan di MotoGP 2020

Kompas.com - 16/02/2020, 11:01 WIB
Pebalap MotoGP dari tim Repsol Honda, Marc Marquez, bersiap untuk keluar dari pit pada hari pertama sesi tes pramusim MotoGP di Sirkuit Sepang, 7 Februari 2020. AFP/MOHD RASFANPebalap MotoGP dari tim Repsol Honda, Marc Marquez, bersiap untuk keluar dari pit pada hari pertama sesi tes pramusim MotoGP di Sirkuit Sepang, 7 Februari 2020.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP 2020 akan dimulai pada awal Maret mendatang. Ada beberapa perubahan aturan pada musim ini, dibuat agar balap motor paling bergengsi ini bisa lebih kompetitif.

Dari sisi aturan balap mencakup hukuman bagi pelanggar jump start atau mencuri start. Kemudian regulasi baru soal bendera hitam (black flag) dan peraturan soal penggunaan aerobody musim 2020.

Baca juga: Banyak Tim MotoGP Belum Pakai Alat Akali Start, Ada Risikonya

Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, kembali ke pitlane pada hari pertama tes pramusim MotoGP di Sirkuit Sepang, 7 Februari 2020.AFP/MOHD RASFAN Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, kembali ke pitlane pada hari pertama tes pramusim MotoGP di Sirkuit Sepang, 7 Februari 2020.

Jump start

Sebelumnya pelaku jump start akan dihukum ride through penalty atau melaju melewati pit lane. Hukuman itu dinilai terlalu berat sehingga merugikan pebalap dari sisi waktu.

Sebagai gantinya, musim ini pelanggar jump start akan dihukum dengan long lap penalty, yakni melaju melewati area tertentu di sirkuit yang akan menambah catatan waktu pebalap.

Hukuman long lap penalty ini dilakukan 2 kali dalam 5 lap yang sudah ditentukan. Sekali hukuman long lap akan memberikan kerugian antara 3-5 detik per lap.

Jauh lebih ringan ketimbang ride through penalty yang bisa mencapai 30 detik.

Baca juga: Daftar Gaji Pebalap MotoGP Musim 2020, Marquez Termahal

Bendera hitam

Jika balapan sedang berlangsung dan bendera ini dikibarkan bersamaan dengan nomor pebalap artinya pebalap tersebut terkena diskualifikasi.

Pebalap yang nomornya tercantum harus keluar dari balapan dan masuk ke pit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X