Pakai Filter Tambahan, Mitsubishi Fuso Bisa Tenggak Solar B30

Kompas.com - 12/02/2020, 07:22 WIB
Presiden Joko Widodo menumpang truk Mitsubishi Fuso saat meresmikan jalan tol Ngawi-Kertosono seksi Ngawi-Wilangan, di Gerbang Tol Madiun, Desa Bagi, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis (29/3/2018). Instagram/sekretariat.kabinetPresiden Joko Widodo menumpang truk Mitsubishi Fuso saat meresmikan jalan tol Ngawi-Kertosono seksi Ngawi-Wilangan, di Gerbang Tol Madiun, Desa Bagi, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis (29/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com – Akhir 2019 lalu, pemerintah telah meresmikan program Biodiesel 30 persen atau Solar B30. PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengaku siap mendukung dan menerapkan kebijakan tersebut.

Duljatmono, Sales and Marketing Director PT KTB, mengatakan, sejak tahun 2016 perusahaan telah mengikuti kebijakan solar B20. Ke depan, Mitsubishi Fuso juga bakal mengikuti setiap arahan dan aturan yang ditetapkan pemerintah.

“Kami selalu mengikuti kebijakan pemerintah, yang pasti harus lewat penyesuaian dan studi terlebih dulu. Seperti yang kami lakukan pada B30,” ucapnya Duljatmono di Jakarta (11/2/2020).

Baca juga: Posisi Gigi Mobil Transmisi Matik di Lampu Merah, Pakai D atau N?

Presiden Joko Widodo meresmikan implementasi program Biodiesel 30 persen (B30). Peresmian dilakukan di SPBU Pertamina MT Haryono, Jakarta Selatan, Senin (23/12/2019). KOMPAS.com/Ihsanuddin Presiden Joko Widodo meresmikan implementasi program Biodiesel 30 persen (B30). Peresmian dilakukan di SPBU Pertamina MT Haryono, Jakarta Selatan, Senin (23/12/2019).

Ia mengaku telah melakukan uji coba terhadap solar B30, dan hasilnya bisa digunakan oleh kendaraan-kendaraan baru Mitsubishi Fuso.

“Sebelumnya kami sudah melakukan uji coba terhadap B30, hasilnya sudah bisa comply dengan produk-produk kami,” ujar Duljatmono.

“Untuk Colt Diesel sudah enggak ada masalah. Tapi untuk Fuso dan Fighter memang butuh tambahan filter, makanya saat ini kedua model tersebut telah menggunakan total tiga filter” katanya.

Baca juga: Salah Kaprah Fungsi Tombol Overdrive di Mobil Transmisi Matik

Mitsubishi Fuso hadirkan 9 varian baru truk FighterKompas.com/Setyo Adi Mitsubishi Fuso hadirkan 9 varian baru truk Fighter

Sementara itu perihal rencana pemerintah yang bakal menerapkan solar B40 pada 2021 mendatang, Duljatmono mengaku masih butuh waktu dan belum bisa memastikannya saat ini.

“Sedangkan soal B40 intinya kami akan uji dan pelajari dulu, apakah perlu dilakukan modifikasi seperti penambahan filter atau bagaimana,” ujar Duljatmono.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X