Tips Mengemudi Mobil Transmisi Manual buat Pemula

Kompas.com - 11/02/2020, 17:12 WIB
Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengemudikan mobil sembari berkencan bersama sang istri, Tun Siti Hasmah Mohamad Ali, ke Kuala Lumpur Sabtu (23/11/2019). Twitter/DRMAHATHIRMOHAMAD via The Straits TimesPerdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengemudikan mobil sembari berkencan bersama sang istri, Tun Siti Hasmah Mohamad Ali, ke Kuala Lumpur Sabtu (23/11/2019).
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Mengemudi mobil transmisi manual lebih sulit dibandingkan dengan matik. Hal ini disebabkan karena pengemudi harus menguasai teknik pemindahan gigi dengan menginjak pedal kopling.

Sementara untuk mobil matik, pengemudi cukup menginjak pedal gas saja saat akan menjalankan mobil. Hal ini karena transmisi otomatis akan berpindah sendiri sesuai dengan kecepatan kendaraan.

Maka dari itu, bagi pengemudi pemula yang ingin mengendarai mobil manual harus memahami karakternya. Mulai dari model pemindahan gigi, cara memindahkan gigi dan juga hal yang lainnya.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna mengatakan, untuk mobil manual mempunyai model perpindahan gigi yang tidak sama antara yang satu dengan yang lainnya.

Maka dari itu, sebelum mengendarai mobil manual, pengemudi juga harus memahami hal ini.

Baca juga: Pakai Mobil Transmisi Manual, Begini Cara Pindah Gigi yang Benar

Ilustrasi belajar mengemudi.DVSA via The Sun Ilustrasi belajar mengemudi.

“Kenali dulu model pemindahan gigi, kadangkala pemindahan gigi antara yang satu dengan yang lain berbeda. Ini untuk kenyamanan dan keamanan selama berkendara,” kata Suparna saat dihubungi Kompas.com, Selasa (11/2/2020).

Suparna menambahkan, kemudian yang juga perlu dipahami pengemudi pemula adalah cara mengoperasionalkan pedal kopling.

Menurutnya, pedal kopling tidak bisa hanya asal diinjak atau pun dilepaskan begitu saja.

“Untuk melepaskan pedal kopling jangan terlalu terburu-buru nanti mobilnya bisa loncat dan tidak smooth atau halus,” ucapnya.

Baca juga: Ini Komponen Mobil Transmisi Manual yang Rawan Rusak

Tetapi, masih kata Suparna, juga tidak bisa dilakukan dengan sangat pelan. Hal ini bisa berdampak pada usia kampas kopling mobil.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X