Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips buat Perempuan Baru Bisa Nyetir Mobil

Kompas.com - 10/02/2020, 15:24 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah menjadi hal lumrah bagi wanita mengendarai mobil di zaman modern ini. Walaupun sebenarnya sejak lama pengemudi wanita sudah ada, namun jumlahnya masih sedikit dibandingkan dengan pengemudi laki-laki.

Kebanyakan pengemudi wanita pemula saat ini lebih memilih mobil dengan transmisi matik, alasannya karena lebih praktis dan pengoprasiannya lebih mudah.

Baca juga: Jangan Coba-coba Akali Ganjil Genap, Bisa Dipenjara 6 Tahun

Namun hal ini justru memiliki risiko yang cukup tinggi saat berkendara di jalan raya, karena biasanya pengemudi wanita cepat panik bila sesuatu menimpa dirinya.

Dampaknya, mereka bisa saja mengeluarkan reaksi yang sangat berbahaya seperti salah menginjak pedal.

Jusri Pulubuhu selaku Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) menjelaskan, pengemudi wanita yang baru bisa mengemudi mobil harus memahami karakteristik dari kendaraannya terlebih dahulu.

Ilustrasi seorang pengemudi wanita yang tengah panik.Ilustrasi Ilustrasi seorang pengemudi wanita yang tengah panik.

Baca juga: Bangun Motor Custom dengan Basis Moge, Mengapa Lebih Mahal?

“Pastikan mereka belajar memahami karakteristik dari kendaraan tersebut, seperti stir dan rem. Kedua komponen ini penting, seperti contoh jika tidak memahami karakteristik rem, pasti akan sering terjadi rem mendadak hal ini tentu akan membahayakan pengemudi yang ada di belakang mobil tersebut,”

Selain itu pastikan hanya menggunakan satu kaki dalam pengoprasian pedal, bukan dua kaki. Kebanyakan pengemudi wanita selalu menginjak pedal gas sehabis mobil dalam keadaan berhenti.

“Tunggu kendaraan bergerak, baru kemudian menginjak pedal gas. Kalau kecepatan dirasa kurang, pengemudi bisa menekan pedal gas secara perlahan. Jangan langsung menginjak pedal gas begitu rem dilepas,” ujar Jusri.

Jusri menegaskan kunci dari mengemudi mobil sebenarnya adalah jangan panik. Ketika panik kemampuan logika pengemudi akan hilang. Sebaiknya tetap tenang dan selalu memperhatikan keadaan sekitar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com