Pelat Nomor Kendaraan Boleh Dimodifikasi, Tapi Ada Batasannya

Kompas.com - 06/02/2020, 15:12 WIB
Pilihanuntuk memodifikasi plat nomer namun tidak menghilangkan status resminya. GhulamPilihanuntuk memodifikasi plat nomer namun tidak menghilangkan status resminya.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengubah tanda nomor registrasi kendaraan bermotor ( NRKB) biasa menjadi pelat nomor pilihan merupakan salah satu modifikasi yang dianggap legal oleh kepolisian. Pemilik kendaraan bisa memiliki mau menggunakan satu angka, dua angka, atau tiga angka untuk pelat nomor pilihan.

Meski begitu, pemilik mobil dilarang mengubah bentuk pelat nomor, atau menggeser posisi angka agar lebih dekat ke huruf, dan sebagainya.

Kasubdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Nyoman Yogi, mengatakan pemilik kendaraan harus mengikuti regulasi yang sudah ditetapkan.

Baca juga: Ini Tarif Resmi Pakai Pelat Nomor Cantik, Mulai Rp 5 Juta

Ilustrasi plat nomor mobil pilihan atau favoritKOMPAS.COM/Ardito Ramadhan D Ilustrasi plat nomor mobil pilihan atau favorit

Yakni, dengan tidak melakukan pemalsuan atau mengubah spesifikasi pelat nomor kendaraan yang telah dikeluarkan Direktorat Lalu Lintas.

Pelat nomor kendaraan baik pada sepeda motor maupun mobil itu ada spesifikasi teknisnya. Bukan serta merta hanya persoalan nomor saja. Bila tidak sesuai atau berbeda panjang atau lebarnya, itu sudah melanggar,” ucapnya kepada Kompas.com (5/2/2020).

Menurut Yogi, ketentuan soal tanda nomor kendaraan bermotor ( TNKB) telah diatur dalam Undang-undang No. 22 Tahun 2009 tentang LLAJ.

Aturan ini kembali diperkuat melalui Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perkapolri) Nomor 5 Tahun 2012 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X