Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windshield Skutik, Modal Ekonomis Dongkrak Penampilan

Kompas.com - 06/02/2020, 12:40 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Skuter matik (Skutik) di Indonesia sudah ada yang menggunakan windshield pada motornya. Contohnya Seperti Yamaha NMAX, Lexi, XMAX dan Honda PCX, ADV, Forza.

Penggunaan windshield pada skutik memiliki fungsi untuk membelah angin dari depan agar tidak langsung mengenai badan pengendara.

Windshield sendiri tidak terlepas dari sentuhan modifikasi. Sudah banyak windshield aftermarket yang dijual dengan bentuk dan warna yang berbeda dari standar.

Asun, pegawai dari toko aksesoris motor Planet Motorsport di Jalan Otista Raya, Jakarta Timur mengatakan kalau modifikasi yang merubah tampilan motor tapi tidak terlalu mahal yaitu penggantian windshield standar dengan aftermarket.

Baca juga: 5 Produk Aftermarket Otomotif Lokal Ikut Pameran di Jepang

windshield aeroxKompas.com/Fathan Radityasani windshield aerox

”Untuk pemilik yang ingin mengubah tampilannya, ganti windshield yang pertama dilakukan. Harganya juga tidak terlalu mahal, kisaran Rp 200.000 – Rp 400.000, menyesuaikan ukuran dan warnanya,” kata Asun kepada Kompas.com, Rabu (5/2/2020).

Selain skutik standar yang sudah memiliki windshield, dengan menggunakan bracket tambahan, motor matik biasa pun bisa dipasangi windshield.

Contohnya seperti bracket universal untuk Yamaha Aerox, Xride, dan Honda Beat lalu windshieldnya dari NMAX baik yang standar maupun aftermarket.

Dengan menggunakan windshield tambahan pada skutik biasa, tampilan langsung berubah. Harga bracket universal beragam, mulai dari Rp 200.000 – Rp 300.000. Dengan modal yang tidak terlalu dalam, tampilan motor bisa berubah drastis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com