Bukan Noda, Ini Makna Bulatan Warna pada Dinding Ban

Kompas.com - 04/02/2020, 13:02 WIB
Arti bulatan warna pada dinding ban mobil Stanly-Kompas.comArti bulatan warna pada dinding ban mobil
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak keluar dari pabrikan, ban mobil sudah dilengkapi dengan sejumlah kode sebagai identitasnya.

Mulai dari yang mengindikasikan ukuran ban, tanggal produksi, sampai tanda melalui bulatan warna pada dinding ban atau side wall.

Nah, untuk orang awam mungkin mengira adanya warna pada dinding ban hanya sekadar noda biasa dari hasil produksi, padahal warna tersebut memiliki arti yang tak kalah penting.

Pemberian warna pada dinding ban bukan tanpa alasan, dan perlu diketahui bila warna tersebut bukan sekadar bercak atau noda biasa, melainkan sebuah tanda mengenai area krusial pada ban.

Baca juga: Banyak Pencuri Pelek dan Ban Mobil, Berikut Tips Parkir yang Aman

Menurut On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal, pemberian warna sengaja dilakukan pihak pabrikan sebagai sebuah tanda yang berguna untuk memudahkan ketika melakukan proses balancing atau saat memasang pelek.

Ilustrasi proses spooring ban mobilliveabout.com Ilustrasi proses spooring ban mobil

"Titik bulatan warna menandakan bahwa area tersebut adalah bagian teringan pada ban yang berguna sebagai panduan saat melakukan balancing dengan pelek," ujar Zulpata beberapa waktu lalu kepada Kompas.com.

"Jadi bukan noda, tapi memang peruntukannya lebih untuk memudahkan mekanik saat melakukan proses penyelarasan," kata dia.

Baca juga: Marak Pencurian Pelek dan Ban Mobil, Jangan Matikan Sensor Getar Alarm

Lebih lanjut Zulpata menjelaskan bila titik warna pada ban umumnya berkelir kuning. Sementara untuk jumlahnya bervariasi, antara satu produsen dengan produsen lainnya berbeda, ada yang satu titik ada pula yang dua titik dengan kelir merah.

Balancing roda mobil dilakukan dengan menempel besi atau timah kecil pada titik yang perlu diseimbangkan.vishvastyres.com Balancing roda mobil dilakukan dengan menempel besi atau timah kecil pada titik yang perlu diseimbangkan.

Selain pada dinding ban, biasanya titik warna juga tersedia pada bagian pelek mobil. Dengan demikian, saat proses pemasangan ban, kedua titik tersebut harus sejajar.

"Kalau dipelek ada titik warna itu menandakan area paling berat, jadi saat dipasang harus sejajar agar proses balancing lebih mudah. Dengan demikian dampaknya titik temu akan mudah tercapai dan bisa mengurangi timah pemberat pada pelek, atau sama sekali tak menggunakan timah," kata Zulpata.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X