Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Settingan Motor Baru Rossi dan Vinales Tak Akan Beda Jauh

Kompas.com - 03/02/2020, 14:52 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

IWATA, KOMPAS.com - Musim lalu duet pebalap Monster Energy Yamaha, yaitu Valentino Rossi dan Maverick Vinales tidak bisa menunjukkan performa terbaiknya. Keduanya mengeluh ada masalah pada motor Yamaha YZR-M1.

Menurut pemimpin proyek Yamaha YZR-M1 Takahiro Sumi, musim lalu Rossi banyak mengeluh mengenai motor yang limbung saat keluar tikungan, adapun Vinales berjuang saat masuk tikungan karena motor sulit dikendalikan.

Baca juga: Rossi Tukar Posisi dengan Quartararo Mulai 2021

Sumi mengatakan, arah pengembangan motor M1 2020 akan dibuat untuk mengakomodir keinginan dua pebalapnya tersebut. Walaupun melihat musim lalu, perbedaan motor keduanya tidak berbeda jauh.

Rossi dan QuartararoFoto: Motomatters Rossi dan Quartararo

"Meski Rossi mengatakan dia memiliki masalah dalam akselerasi dan Vinales mengatakan dia kesulitan dalam pengereman, ketika kami memperbaiki pengaturan pada motor Vinales dan mencobanya di Rossi, itu juga berhasil," katanya mengutip Motomatters, Senin (3/2/2020).

Baca juga: Mitos atau Fakta, Motor Matik Mogok Jangan Didorong?

Sumi mengatakan, keluhan Rossi dan Vinales terlihat berbeda, tetapi solusi yang sama ternyata bekerja untuk keduanya. Sehingga pada akhirnya, pada musim lalu kedua Rossi dan Vinales pun tidak jauh berbeda.

"Perawatan untuk satu pebalap bekerja dengan baik untuk pebalap lain, yang berarti apa yang kami lakukan untuk mereka sangat mirip. Akibatnya, kedua motor pengendara hampir identik dan tidak ada perbedaan besar," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com