Mitos atau Fakta, Mobil Diesel Lebih Irit dari Mesin Bensin?

Kompas.com - 01/02/2020, 13:02 WIB
Kia Stonic dilengkapi mesin diesel 1.600 cc dengan torsi besar. indianautosblog.comKia Stonic dilengkapi mesin diesel 1.600 cc dengan torsi besar.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Mobil keluaran terbaru, selain menghadirkan teknologi canggih yang ramah lingkungan juga menawarkan mesin hemat bahan bakar.

Penawaran ini tentunya untuk menarik minat bagi para calon pembeli, yang mencari kendaraan hemat bahan bakar.

Ada dua jenis mesin yang familiar dan bisa menjadi pilihan bagi para konsumen, yakni bensin dan juga diesel.

Dua jenis mesin ini tentunya mempunyai banyak perbedaan dari mekanisme kerja.Tentunya juga dari sisi penggunaan bahan bakarnya.

Tetapi, dari sisi konsumsi bahan bakar mobil dengan mesin diesel diklaim lebih hemat dibandingkan dengan menggunakan mesin bensin.

Baca juga: Mobil Alami Overheat Jangan Dipaksa Jalan, Efeknya Bisa Turun Mesin

Meskipun mobil dengan mesin bensin keluaran terbaru sudah menggunakan beragam teknologi canggih yang tentunya bisa semakin membuat hemat konsumsi bahan bakar.

Kombinasi mesin bensin dan motor elektrik membuatnya sangat efisien.zigwheels Kombinasi mesin bensin dan motor elektrik membuatnya sangat efisien.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna menjelaskan, mesin diesel lebih hemat dibandingkan dengan mobil dengan mesin bensin. Hal ini disebabkan oleh dua hal yang ada pada jantung pacu jenis diesel.

“Pertama karena mesin diesel ini memakai kompresi yang sangat tinggi. Sehingga, power yang dihasilkan juga lebih besar per CC bahan bakar,” kata Suparnya kepada Kompas.com, Jumat (31/1/2020).

Baca juga: Punya Banyak Kelebihan, Isuzu Panther Bekas Dijual Mulai Rp 40 Jutaan

Suparna melanjutkan, maka efisiensi termis mesin diesel juga lebih bagus. Kemudian yang kedua adalah karena solar mempunyai kandungan kalori yang lebih besar dari bensin.

“Sehingga, per liter solar akan mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar. Hal ini membuat mesin solar menjadi lebih irit dibandingkan dengan mesin bensin,” ujarnya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X