Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Sampai Terlindas, Kucing Gemar Beristirahat di Kolong Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing adalah hewan yang suka mencari tempat hangat untuk berlindung atau berbaring. Seperti mobil yang menjadi salah satu tempat favoritnya, baik di atas kap mesin, kolong mobil, maupun di sela-sela ban.

Hal ini terkadang bisa membuat pengemudi jengkel lantaran adanya bekas baret dari kuku kucing.

Bahkan yang memprihatinkan, ada kucing yang mati terlindas akibat pemilik kendaraan tidak memperhatikan saat akan berkendara.

Terkait hal ini, dokter hewan Adi Nugraha angkat bicara. Menurut Adi, naluri kucing adalah mencari tempat untuk bersembunyi, berlindung, dan beristirahat.

Bersembunyi dari gangguan kucing lainnya, berlindung dari panasnya sinar matahari atau dinginnya udara malam, apalagi ketika sedang hujan.

“Suhu tubuh rata-rata kucing 38-39 derajat celsius. Maka dari itu, kucing akan selalu mencari tempat untuk menjaga suhu tubuhnya selalu stabil. Kondisi kolong mobil yang sehabis digunakan tentu memiliki suhu yang hangat sehingga membuat kucing nyaman untuk tidur,” ujar Adi Nugraha kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (30/1/2020)

Hal ini juga dibenarkan oleh dokter hewan Ricki Dikril Alam. Bahkan ada yang sampai menyelinap ke kap mesin.

“Tidak hanya di kolong atau bawah mobil, kadang ada yang bisa sampai masuk kap mesin mobil. Mereka seperti itu karena naluri mencari tempat tinggal saja, mencari tempat berlindung dari panas. Mencari tempat yang hangat ketika hujan,” ujar Ricki Dikril Alam.

Ricki menambahkan, hal seperti ini wajar adanya dan tidak dapat dihindari, terutama bagi pemilik mobil yang memarkir kendaraannya di luar (tidak dalam garasi).

Pasti akan banyak kucing liar yang berteduh di bawah mobil. Sebaiknya gunakan pelindung sarung mobil.

Lakukan pengecekan sekeliling kendaraan sebelum menghidupkan mesin mobil dan memulai perjalanan.

Dikhawatirkan ada binatang peliharan seperti kucing yang sedang bersembunyi atau tidur di kolong mobil, sela-sela ban, atau kap mesin.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/01/30/114200715/jangan-sampai-terlindas-kucing-gemar-beristirahat-di-kolong-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke