5 Pabrikan yang Punya Motor Listrik tapi Masih Sangsi

Kompas.com - 30/01/2020, 10:42 WIB
Yamaha E-Vino. Febri Ardani/KompasOtomotifYamaha E-Vino.

JAKARTA, KOMPAS.com - Era kendaraan listrik sudah di depan mata. Pemerintah juga sudah mengambil beberapa langkah konkret untuk mempercepat elektrifikasi kendaraan di Indonesia.

Beberapa produsen sepeda motor juga sudah memperkenalkan motor listrik. Sebagian di antaranya bahkan sudah berani untuk menjualnya ke konsumen.

Baca juga: Motor Listrik Tidak Sepenuhnya Bebas Perawatan

Namun, ada juga beberapa raksasa pabrikan sepeda motor dunia, yang juga sudah memiliki motor listrik, tapi belum memasarkannya karena masih sangsi. Berikut ini 5 pabrikan yang punya motor listrik tapi belum menjualnya ke pasaran.

New Vespa ElettricaFoto: Motocycle.com New Vespa Elettrica

1. Vespa - Elettrica
Vespa terkenal dengan skutik mereka yang memiliki desain retro dan klasik. Desain tersebut dipertahankan pada skuter listriknya. Vespa Elettrica diklaim mampu menjelajah hingga 100 km dengan kondisi baterai penuh.

Tenaga maksimumnya mencapai 4 kW dan kemampuan mengisi baterainya hingga penuh hanya membutuhkan 4 jam. Di beberapa negara Eropa, Elettrica sudah dipasarkan.

Kymco Like EVKymco Kymco Like EV

2. Kymco - Like EV
Di Indonesia, Kymco sudah memasarkan Like 150i. Skutik yang memilik desain retro dan klasik ini sangat bergaya Eropa. Di Eropa, selain menghadirkan Like dengan mesin konvensional, Kymco juga sudah memperkenalkan Like EV yang menggunakan tenaga listrik.

Like EV dibekali baterai berkapasitas 50V 13Ah. Tenaga maksimumnya sebesar 3,2 kW dengan torsi mencapai 124 Nm. Kymco juga masih punya sederetan kendaraan listrik lainnya.

PCX ElectricFoto: Istimewa PCX Electric

3. Honda - PCX Electric
PT Astra Honda Motor (AHM) memang sudah memperkenalkan skuter listrik PCX Electric beberapa waktu lalu. Namun, hingga kini masih belum dijual ke pasaran. Honda menggunakan sistem sewa, itu pun untuk kebutuhan fleet, bukan individu.

Menurut Honda, harga PCX Electric masih terlalu mahal saat ini. Faktor tersebut yang membuat Honda belum mau menjual motor listrik tersebut.

Skuter listrik Yamaha E-Vino.Febri Ardani/KompasOtomotif Skuter listrik Yamaha E-Vino.

4. Yamaha E-Vino
Tak jauh berbeda dengan kompetitor terdekatnya, Yamaha juga sudah pernah memperkenalkan E-Vino di Indonesia di tahun 2017. Namun, skuter listrik tersebut masih digunakan untuk uji pasar dengan menggandeng beberapa institusi.

E-Vino diklaim mampu menempuh jarak 33 km dalam kondisi baterai penuh. Kecepatan maksimumnya hanya 44 kilometer per jam.

Motor model produksi Harley-Davidson LivewireMCN Motor model produksi Harley-Davidson Livewire

5. Harley-Davidson - LiveWire
Siapa sangka pabrikan motor gede (moge) legendaris asal Amerika Serikat juga tergiur untuk mengembangkan motor listrik. Harley-Davidson sudah memproduksi LiveWire, meskipun menuai pro dan kontra dari para penggemarnya.

LiveWire memiliki tenaga maksimum sebesar 55 kW dengan torsi 71 Nm. Jarak tempuhnya diklaim mencapai 180 km. Sedangkan kecepatan maksimumnya, diklaim sanggup tembus 180 kilometer per jam.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X