Cara Kick Starter pada Motor Matik, Pakai Kaki Kanan atau Kiri?

Kompas.com - 26/01/2020, 11:23 WIB
Ilustrasi kick starter pada skutik Otomania/Setyo AdiIlustrasi kick starter pada skutik

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor umumnya dibekali dengan kick starter, termasuk motor matik. Uniknya, motor matik memiliki kick starter yang diletakkan di sebelah kiri.

Posisi kick starter mengikuti letak CVT yang juga berada di sebelah kiri. Berbeda dengan motor bebek dan motor sport, letak kick starter berada di sebelah kanan.

Baca juga: Ini Akibatnya Jika Jarang Pakai Kick Starter pada Motor Matik

Asep Suherman, Kepala Bengkel Daya Motor Cibinong, mengatakan, untuk penggunaan kick starter sebenarnya tergantung pemakainya sendiri, lebih nyaman menggunakan kaki sebelah mana.

Honda SH150i tanpa engkol kick starterFebri Ardani/Otomania Honda SH150i tanpa engkol kick starter

"Tapi menurut anjuran saya, alangkah baiknya gunakan kaki kanan untuk posisi kick starter di sebelah kanan dan gunakan kaki kiri untuk posisi kick starter yang di sebelah kiri," ujar Herman, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (25/1/2020).

Di beberapa motor Honda, penggunaan kick starter sebenarnya sudah mulai ditinggalkan. Pada motor sport dan matik dengan kapasitas 150 cc ke atas, sudah tidak ditemukan lagi kick starter.

Baca juga: Solusi Selesaikan Masalah Kick Starter Motor Keras

Direktur Pemasaran Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya, mengatakan, hilangnya kick starter karena mengikuti tren motor di dunia. Itu yang kemudian mulai diaplikasikan juga pada model baru Vario dan sebelumnya adalah PCX.

“Selain karena tren, seperti di motor besar, sport, hingga skuter besar, pertimbangan juga dari hasil survei yang dilakukan kepada konsumen, yakni penggunaan kick starter di skuter matik sudah berkurang,” ujar Thomas.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X