Truk Ini Disulap Jadi Kendaraan Penarik Tank TNI

Kompas.com - 25/01/2020, 16:02 WIB
mercedes arocs military spec Kompas.com/Fathan Radityasanimercedes arocs military spec

BOGOR, KOMPAS.com – Selain memiliki proyek Gran Max double cabin, karoseri Delima Jaya Group juga sedang mengerjakan kendaraan penderek tank, untuk Tentara Nasional Indonesia (TNI). Basis yang digunakan berasal dari Mercedes-Benz Arocs 4048 S 6X6.

Nurdin, Product Engineering dari karoseri Delima Jaya Group di Bogor mengatakan, Arocs ini pesanan langsung dari Jerman dan dimodifikasi menjadi double cabin. Keperluan utamanya, yaitu untuk menderek tank.

“Truk ini pesanan TNI, mau dimodifikasi jadi double cabin dan keperluannya untuk menarik tank,” ucap Nurdin kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Modifikasi Gran Max Jadi Double Cabin Cuma Rp 30 Jutaan

proses modifikasi arocs militaryKompas.com/Fathan Radityasani proses modifikasi arocs military

Spesifikasi dari Mercedes Arocs ini memiliki sedikit perbedaan mesin yang dijual di Indonesia. Arocs yang digunakan, yaitu tipe 4048 S dengan mesin 12.800 cc, 6 silinder segaris yang mengeluarkan tenaga 476 HP dan torsi sebesar 2.300 Nm. Tenaga yang dihasilkan lalu disalurkan melalui transmisi otomatis Mercedes Powershift 3.

Baca juga: Alasan RV dengan Sasis Truk 4 Roda Paling Ideal di Indonesia

Winston Wiyatna, Managing Director Delima Jaya Group menambahkan kalau tipe Arocs ini yang military spec dan special order langsung ke Daimler AG di Jerman.

“Arocs yang military spec perbedaannya ada di penggerak, untuk truk ini penggerak enam roda atau 6X6. Tidak seperti yang dijual di Indonesia karena ini pesanan khusus untuk militer,” kata Winston kepada Kompas.com, Sabtu (25/1/2020).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X