Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Mobil Anjlok, Ini Penjelasan Gaikindo

Kompas.com - 22/01/2020, 08:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan mobil di tanah air pada 2019 turun 10,6 persen dibanding tahun sebelumnya (2018), yaitu dari 1.151.413 menjadi 1.030.126 unit.

Meski demikian, Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara, menyatakan, bahwa capaian tersebut sudah cukup memuaskan. Selain karena sesuai target, pasar juga sedang tidak stabil saat itu.

"Ini bukan masalah daya beli, tapi karena memang tahun 2019, merupakan tahun politik. Banyak masyarakat yang cenderung wait and see untuk membeli kebutuhan tersier seperti mobil. Bila diperhatikan, ini berlangsung mulai semester pertama," katanya kepada Kompas.com, Jakarta, Selasa (21/1/2020).

Baca juga: Gaikindo Berharap Penjualan Mobil di 2020 Lebih Baik

Ilustrasi penjualan mobil.AUTONEWS Ilustrasi penjualan mobil.

"Kemudian ditambah dengan periode lebaran yang berlangsung pada pertengahan tahun, mepet pameran otomotif GIIAS 2019. Jadi pertumbuhan tak begitu terasa untuk mencapai target kita sebelumnya," ujar Kukuh.

Tak berelang lama, lanjutnya, ketika pertumbuhan otomotif mulai menemui titik terang, terjadi peristiwa demonstrasi tentang pengesahan Presiden Republik Indonesia. Ditambah, perang dagang antara China dan Amerika Serikat mulai memanas jelang penutupan tahun.

Baca juga: Gaikindo Revisi Target Penjualan Mobil Baru Jadi 1 Juta Unit

Massa peserta aksi 22 Mei menyanyikan yel-yel sambil mengacungkan dua jari di depan Djakarta Theatre, Rabu (22/5/2019).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D Massa peserta aksi 22 Mei menyanyikan yel-yel sambil mengacungkan dua jari di depan Djakarta Theatre, Rabu (22/5/2019).

"Faktor lainnya, ialah nilai mata uang terhadap dollar AS yang belum membaik serta tingkat suku bunga dan penurunan harga komoditas. Perlu diketahui juga, penurunan pasar roda empat tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi negara lain seperti China (turun) sebesar 8,2 persen," katanya.

Kukuh meyakini, penjualan mobil di 2020 akan membaik dan bisa kembali mencatatkan pertumbuhan minimal 5 persen dari 2019.

"Saat ini kita sudah mulai recovery, tingkat suku bunga rendah, nilai tukar rupiah mulai stabil, dan lainnya. Jadi seharusnya pencapaian tahun ini akan membaik, termasuk performa ekspor," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com