Lawan Honda HR-V, Harga Kia Seltos di Bawah Rp 300 Juta

Kompas.com - 20/01/2020, 12:01 WIB
KIA resmi menghadirkan SUV Seltos ke Indonesia Senin (20/1/2020) Kompas.comKIA resmi menghadirkan SUV Seltos ke Indonesia Senin (20/1/2020)
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Seltos akan menjadi sport utility vehicle (SUV) baru Kia di Tanah Air di bawah keagenan baru, PT Kreta Indo Artha ( KIA). Mobil bergenre SUV lima penumpang ini hadir dengan dibekali mesin 1.400 cc Turbo.

Di atas kertas, mesin 1.4L 16 valve, DOHC Dual CVVT yang digunakan sebenarnya memiliki kapasitas murni sebesar 1.353 cc.

Tenaga yang dihasilkan mencapai 140 PS atau 138 tk, sedangkan torsi yang diproduksi juga cukup besar, yakni 242 Nm pada 1.500 sampai 3.200 rpm.

Melihat dari kemampuan yang ditawarkan, bila disandingkan dengan kompetitor yang ada, Seltos cocok menjadi rival untuk Honda HR-V 1.8L Prestige. Meski kubikasi mesin lebih kecil, tapi tenaga berdasarkan data lebih besar.

Baca juga: Mau Beli Xpander, Harus Punya Gaji Minimal Rp 18 Juta per Bulan

Mesin ini pun sama dengan yang digunakan Seltos di India. Tampilan kuat dari Seltos Untuk Indonesia sendiri, KIA menawarkan Seltos dalam tiga varian, yakni EXP, EX, dan E.

Kia Seltos resmi meluncur di IndonesiaStanly Ravel/Kompas.com Kia Seltos resmi meluncur di Indonesia

Untuk harga, Seltos juga ditawarkan lebih murah dari HR-V. Banderolnya dimulai dari Rp 295 juta untuk varian E, Rp 320 juta untuk EX, dan tertingginya sebesar Rp 355 juta untuk Seltos EX+.

Baca juga: Bogor, Cerita Kota Sejuta Angkot dan Masih Bisa Bertahan

Konsumen bisa memilih enam varian warna yang ditawarkan, yakni Aurora Black Pearl, Glacier White Pearl, Intense Red, Intelligency Blue, Steel Red, dan Puncy Orange.

Di bawah bendera PT Kreta Indo Artha, Seltos adalah produk perdana yang diperkenalkan buat konsumen Indonesia.

Penjualan Kia saat ini ditopang oleh empat produk utama. Di segmen city car, masih ada Picanto yang kini dibanderol mulai Rp 205,5 (tipe EX MT) juta sampai Rp 232,5 juta (tipe GT AT).

Baca juga: Deretan Kecelakaan Bus Maut, Korban Tewas Puluhan Orang

Kia Seltos resmi meluncur di IndonesiaStanly Ravel/Kompas.com Kia Seltos resmi meluncur di Indonesia

Sementara di kelas hatchback, Kia mengandalkan Rio yang dijual dari Rp 271,5 juta (tipe MT) sampai Rp 286,5 juta (tipe AT).

Sedangkan di segmen MPV, ada Grand Sedona yang dihargai Rp 635 juta (tipe Gasoline) hingga Rp 680 juta (tipe Diesel).

Kia juga masih bermain di segmen komersial dengan produk Big Up, yang saat ini dibanderol dari Rp 190,6 juta (tipe Pick Up) sampai Rp 203,5 juta (tipe Box).

Simak video detail Kia Seltos

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X