Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lalai Ganti Karet Tutup Tangki Bensin yang Rusak, Fatal Akibatnya

Kompas.com - 14/01/2020, 17:24 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap komponen yang ada di sepeda motor bisa dibilang memiliki fungsi yang cukup penting. Termasuk juga dengan karet atau seal yang berada di tutup tangki bensin.

Letaknya yang berada di bawah tutup tangki membuatnya jarang diperhatikan. Padahal, komponen yang satu ini cukup fatal akibatnya jika tidak diganti dengan yang baru saat sudah rusak.

Baca juga: Motor Terendam Banjir, Cek Tangki Bensin Kemasukan Air

Karet tutup tangki berfungsi untuk menyumbat tutup tangki agar menutup dengan rapat. Sehingga, saat motor dicuci atau kehujanan, tidak ada air yang bisa merembes masuk ke dalam tangki bensin dan mengganggu pembakaran. Bisa juga untuk mencegah bensin merembes ke luar saat motor berguncang.

Ilustrasi Karet Tutup Tangkiaselimalang.com Ilustrasi Karet Tutup Tangki

Tapi, yang namanya karet, seiring dengan pemakaian, apalagi terkena cairan kimia seperti bensin, pasti memiliki usia pakai. Tingkat kelenturan karet bisa berkurang atau bahkan menjadi getas dan mudah putus atau sobek.

Dadan Danil, Technical Traning 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, karet pada tutup tangki bensin umumnya memiliki usia pakai sekitar lima tahun.

Baca juga: Pria Ini Ditolak Ketika Isi BBM, karena Tangki Motornya Pakai Jeriken

"Lebih bagus lagi jika tidak perlu menunggu sampai lima tahun sudah diganti dengan yang baru," ujar Dadan, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Karet tutup tangki bensin yang rusak atau tidak layak lagi kondisinya dapat menyebabkan bensin merembes ke luar. Akibatnya, bisa merusak cat pada bodi. Lebih parahnya lagi, bensin bisa mengenai bagian mesin dan membuatnya terbakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com