Tilang Elektronik Mulai Diuji Coba di Semarang

Kompas.com - 14/01/2020, 15:22 WIB
Penulis Ari Purnomo
|

SEMARANG, KOMPAS.com- Setelah DKI Jakarta dan juga Surabaya, kini giliran Ditlantas Polda Jateng yang mulai melakukan penerapan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Tetapi, sebagai tahap awal tilang elektronik masih sebatas untuk sosialisasi atau uji coba saja.

Tahapan uji coba akan dilakukan sampai seluruh persiapan tilang elektronik selesai dilakukan. Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Rudi Antariksawan menyampaikan, uji coba atau sosialisasi tilang elektronik ini sudah dilakukan sejak beberapa hari kemarin.

“Saat ini baru tahap sosialisasi atau uji coba penerapan tilang elektronik. Sudah sejak beberapa hari kemarin,” kata Rudi saat dihubungi Kompas.com, Selasa (14/1/2020).

Baca juga: Tilang Elektronik di Surabaya Sasar Pengguna Mobil dan Motor

Tahap uji coba ini akan dilakukan sampai tilang elektronik benar-benar siap untuk diterapkan di wilayah Semarang. Sebagai tahap awal, Ditlantas baru memasang dua kamera pengawas.

“Ada dua titik yang sudah mulai diuji coba tilang elektronik yakni di kawasan Pandan Arang, yakni jalan menuju ke Simpang Lima dan satu lagi menuju Pekunden,” tuturnya.

Untuk jumlah kamera pengawas tilang elektronik, Rudi mengatakan, nantinya akan tetap diperbanyak.

Kamera CCTV yang sudah terpasang di Simpang Sarinah Jalan MH Thamrin, untuk implementasi ETLE atau tilang elektronik.KOMPAS.com/ GHULAM M NAYAZRI Kamera CCTV yang sudah terpasang di Simpang Sarinah Jalan MH Thamrin, untuk implementasi ETLE atau tilang elektronik.

Sehingga, pengawasan untuk pelanggaran juga bisa menyasar di lokasi yang lainnya di wilayah Semarang.

Hanya saja, Rudi belum bisa menjelaskan, titik-titik mana saja yang akan dipasang kamera pengawas tilang elektronik itu.

“Nanti rencananya akan ada delapan titik kamera yang dipasang untuk tilang elektronik ini,” ucapnya.

Disinggung mengenai kapan tilang elektronik akan mulai diberlakukan di Semarang, Rudi belum bisa memastikannya. Menurutnya, untuk saat ini tilang elektronik masih dalam tahap perkenalan kepada masyarakat.

Baca juga: Perluasan Tilang Elektronik Tidak Hanya di Jalan Protokol

“Ini kita perkenalkan dulu, masih sosialisasi belum ada penindakan. Untuk penerapannya masih nanti dulu,” katanya.

Untuk jenis pelanggaran yang akan dilakukan penindakan dengan tilang elektronik sama dengan kota lain yang lebih dulu menerapkannya. Seperti pelanggaran marka jalan, tidak mengenakan sabuk pengaman.

Jasa Marga siap dukung penerapan tilang elektronik di 8 titik Tol JabodetabekJasa Marga Jasa Marga siap dukung penerapan tilang elektronik di 8 titik Tol Jabodetabek

Selain itu juga menggunakan alat elektronik seperti handphone dan juga pelanggaran yang lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.