Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tiga Ruas Tol yang Akan Diresmikan Jokowi Bulan Ini

Kompas.com - 11/01/2020, 14:32 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan meresmikan tiga ruas tol, yang selesai dibangun tahun ini. Ketiganya, yaitu Jalan Tol Manado-Bitung, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, dan Jalan Tol Palembang-Kayu Agung

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono membenarkan rencana peresmian tersebut. Hanya saja, Basuki belum bisa memastikan kapan waktu peresmiannya.

"Januari 2020 ini ada tiga tol yang diresmikan," ujar Basuki di Kementerian PUPR belum lama ini di Jakarta.

Berikut data tiga ruas tol yang akan diresmikan tersebut:

1. Tol Manado-Bitung

Ruas tol Manado-Bitung (Mabit) dirancang dengan panjang mencapai 39,9 kilometer. Jalan bebas hambatan ini dibangun dalam dua seksi.

Seksi pertama Ring Road Manado-Sukur-Air Madidi dengan panjang mencapai 14 kilometer. Proyek ini dikerjakan oleh Kementerian PUPR.

Sedangkan, pembangunan seksi kedua menghubungkan Air Madidi-Bitung dengan panjang 25 kilometer. Untuk pembangunan seksi kedua ini, dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga Manado Bitung.

Baca juga: 4 Tips Berkendara Aman di Jalan Tol

Anggaran untuk pembangunan Tol Mabit ini menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan nilai investasi Rp 6,19 triliun.

Dukungan pemerintah untuk pembiayaan konstruksi seksi pertama sebesar Rp 3 triliun, merupakan instrumen untuk meningkatkan kelayakan investasi jalan tol Mabit.

 Ilustrasi Tol Cipali saat dipakai pemudik musim lebaran 2019KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Ilustrasi Tol Cipali saat dipakai pemudik musim lebaran 2019

Hadirnya tol pertama di Sulawesi Utara ini diharapkan bisa menjadi pendorong berkembangnya sektor pariwisata kawasan Manado–Bitung–Likupang sebagaimana yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi.

Kawasan ini menjadi salah satu dari 5 kawasan pariwisata prioritas yang akan dikembangkan pada tahun 2020.

2. Tol Pekanbaru - Dumai

Jalan tol ini dikerjakan dan dikelola oleh PT Hutama Karya (Persero). Jalan ini membentang sepanjang 131,4 kilometer yang terbagi dalam 6 seksi.

Keenam seksi tersebut yakni Seksi I menghubungkan Pekanbaru-Minas sepanjang 9,5 kilometer, Seksi II Minas-Petapahan/Kandis Selatan sepanjang 24 kilometer, dan Seksi III Petapahan-Kandis Utara sepanjang 17 kilometer.

Baca juga: Jalan Tol, Sejarah dan Fungsinya

Selanjutnya untuk pembangunan seksi IV menghubungkan Kandis-Duri Selatan sepanjang 26 kilometer, Seksi V Duri Selatan-Duri Utara sepanjang 28 kilometer. Dan untuk seksi VI menghubungkan Duri Utara-Dumai sepanjang 25 kilometer.

3. Tol Palembang-Kayu Agung -Betung

Ruas tol ini dirancang dengan panjang mencapai 111,69 kilometer. Untuk pembangunannya, tol Palembang-Kayu Agung -Betung menggunakan anggaran mencapai Rp 9,84 triliun.

Pembangunan tol ini terbagi menjadi 3 seksi, untuk seksi I Kayu Agung–Jakabaring sepanjang 33,5 kilometer. Seksi II Jakabaring–Muslindas sepanjang 24,9 kilometer dan Seksi III Muslindas–Betung sepanjang 44,29 kilometer.

Kepadatan lalu lintas jalan tol jelang libur Nataru 2019Dok. Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Kepadatan lalu lintas jalan tol jelang libur Nataru 2019

Sebelumnya, ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Seksi 1 telah dibuka untuk umum pada awal November lalu sepanjang 33,5 kilometer. Adapun panjang keseluruhan kedua seksi tersebut 69,19 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com