Akibat Banjir Jakarta, Pasar Mobil Bekas Bakal Kembali Bergairah

Kompas.com - 09/01/2020, 07:42 WIB
Beragam pilihan mobil dari berbagai tahun tersedia di bursa mobil bekas Kompas.com/DioBeragam pilihan mobil dari berbagai tahun tersedia di bursa mobil bekas

JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua mencatat adanya penurunan performa penjualan mobil bekas selama 2019 sekitar 10 persen.

Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih menyebut, situasi ini terjadi karena berbagai faktor. Beberapa diantaranya ialah kondisi pasar, tahun politik, sampai nilai tukar rupiah.

"Meski demikian, sepertinya minggu depan akan kembali naik karena pasca- banjir kemarin. Sebab, sebagian korban akan menjual kendaraannya yang terkena banjir kemarin, lalu segera mencari penggantinya," kata dia kepada KOMPAS.com, Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Baca juga: Harga Jual Mobil Bekas Kena Banjir, Makin Mewah Makin Anjlok

Ilustrasi mobil bekas di segmen Low MPVKompas.com/Setyo Adi Ilustrasi mobil bekas di segmen Low MPV

Adapun jenis dan model mobil yang akan naik, ialah low cost green car (LCGC) ataupun Avanza Cs (low multi-purpose vehicle/LMPV).

"Sulit bila diperkirakan secara presentase kenaikannya akan seberapa besar, namun saya rasa LCGC dan Avanza Cs akan laris," ujar Herjanto.

Ia menambahkan, selama setahun kemarin mobil bekas terlaris masih berada di segmen MPV atau Low MPV. Tepat berada di bawahnya, ada mobil murah atau golongan LCGC.

"Itu dikarenakan orang yang mencari mobil bekas hanya untuk kendaraan kedua mereka, jadi tidak ingin yang mewah atau terlalu ribet. Ini juga merupakan salah satu cara kebanyakan konsumen mengakali ganjil-genap di DKI Jakarta," ucapnya.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X