Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Langkah Awal Tangani Mobil yang Terendam Banjir | Motor Terendam Banjir Jangan Langsung Dinyalakan

Kompas.com - 02/01/2020, 06:02 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Awal 2020 sejumlah wilayah di Jabodetabek terendam banjir, akibat intensitas hujan yang cukup tinggi pada 1 Januari 2020. Alhasil banyak kendaraan yang terendam banjir, dan perlu diketahui bahwa ada langkah awal yang bisa dilakukan oleh pemilik mobil atau sepeda motor yang terendam banjir.

Paling penting, jangan langsung menyalakan mesin dan harus mencabut kabel aki kendaraan itu sendiri. Lengkapnya seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Rabu 1 Januari 2020:

1. Langkah Awal Tangani Mobil yang Terendam Banjir, Cabut Kabel Aki

Ilustrasi perawatan aki pada mobilpersonal.neacelukens.com Ilustrasi perawatan aki pada mobil

Hujan deras mengguyur daerah Jabodetabek pada malam pergantian tahun 2020. Tidak sedikit wilayah yang tergenang air bahkan sampai banjir karenanya.

Bagi pemilik yang kendaraannya terendam banjir, jangan salah penanganan. Pasalnya, langkah tidak tepat akan menyebabkan kerusakan pada mobil sebagaimana dikatakan Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, Suparman, beberapa waktu lalu.

"Penanganan pertama jika mobil terendam banjir ialah memutus arus kelistrikannya, dimulai dari kabel aki di terminal plus. Ini supaya mencegah terjadinya korsleting," ujarnya kepada Kompas.com.

Baca juga: Langkah Awal Tangani Mobil yang Terendam Banjir, Cabut Kabel Aki

2. Daftar Jalan yang Tidak Bisa Dilintasi Kendaraan Akibat Banjir

Banjir melanda apartemen Sentra Timur Residence di Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur, Rabu (1/1/2020).Alfin Tofler Banjir melanda apartemen Sentra Timur Residence di Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur, Rabu (1/1/2020).

Sejumlah jalan di DKI Jakarta dan sekitarnya pada Rabu (1/1/2020) pagi banjir akibat curah hujan yang tinggi sejak kemarin (31/12/2019) malam.

Berdasarkan pantauan Kompas.com dari laman Twitter resmi Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, banjir terjadi secara merata di lima kotamadya Jakarta. Bahkan, ada yang tidak bisa dilintasi kendaraan roda dua atau kecil.

Pada pukul 10.00 WIB, Tol Jakarta-Cikampek mengarah Jatibening tidak dapat dilalui kecuali lajur 4. Genangan dikabarkan sudah setinggi 10-15 centimeter (cm).

Sementara pada Tol Cikunir, tepatnya setelah Gardu, banjir setinggi 50 cm.

Baca juga: Daftar Jalan yang Tidak Bisa Dilintasi Kendaraan Akibat Banjir

3. Indonesia Punya Jalan Bawah Tanah Terpanjang, Ini Adab Berkendara di Underpass

Underpass NYIADok. Kementerian PUPR Underpass NYIA

Keberadaan jalan bawah tanah New Yogyakarta International Airport ( NYIA) diharapkan semakin memperlancar lalu lintas di kawasan tersebut.

Jalan dengan panjang mencapai 1,3 kilometer itu diharapkan dapat menghubungkan Purworejo dan Yogyakarta melalui Jalan Nasional Pantai Selatan (Pansela) Jawa.

Hanya saja, terkadang masih banyak ditemui pengendara baik roda dua maupun roda empat yang tidak menghiraukan sisi keselamatan. Baik, keselamatan diri sendiri dan juga keselamatan pengguna jalan lainnya.

Baca juga: Indonesia Punya Jalan Bawah Tanah Terpanjang, Ini Adab Berkendara di Underpass

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com