Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Servis Motor Pasca-Terendam Banjir, Tak Bisa Hanya Sekali

Kompas.com - 03/01/2020, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor yang terendam banjir, perlu diperbaiki komponen-komponen yang rusak. Namun, setelah diperbaiki, bukan berarti sudah berakhir sampai di situ saja.

Wahyudin, Kepala Mekanik AHASS Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, beberapa komponen pada motor ada yang rentan terhadap banjir. Sebaiknya lekas diperbaiki agar tidak semakin parah.

Baca juga: Estimasi Biaya Servis Motor yang Terendam Banjir

"Setelah melakukan perbaikan di bengkel, seharusnya kembali lagi untuk dicek ulang. Biasanya, seminggu setelah diperbaiki," ujar Wahyudin, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Sejumlah warga mengevakuasi sepeda motor yang terendam banjir di Jl. Raya Pondok Gede, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (1/1/2020). Luapan air Kali Baru sebabkan wilayah Kramat Jati terendam hingga sebahu orang dewasa.KOMPAS.com/M ZAENUDDIN Sejumlah warga mengevakuasi sepeda motor yang terendam banjir di Jl. Raya Pondok Gede, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (1/1/2020). Luapan air Kali Baru sebabkan wilayah Kramat Jati terendam hingga sebahu orang dewasa.

Wahyudin menambahkan, bagian pelumas juga sebaiknya diganti lagi, untuk meyakinkan sudah tidak ada lagi air di bagian dalam mesin. Bagian busi juga penting untuk dicek lagi agar pembakaran tetap maksimal.

Baca juga: 5 Komponen Sepeda Motor yang Rentan Usai Kebanjiran

"Minimal oli mesin dan oli gardan diganti lagi. Selain itu, dilakukan juga pengecekan pembakaran di busi," kata Wahyudin.

Agar lebih maksimal, bisa juga gunakan engine flush yang dicampur ke oli mesin. Engine flush ini juga bagus untuk menguras bagian dalam mesin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com