Begini Parkir Aman Terhindar dari Sambaran Petir

Kompas.com - 03/01/2020, 07:02 WIB
Ilustrasi mengendarai mobil saat hujan dan petir. Ilustrasi mengendarai mobil saat hujan dan petir.

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim hujan seperti yang sedang melanda sebagian besar wilayah di Indonesia belakangan ini terkadang juga disertai petir. Tak menutup kemungkinan petir juga menyambar kendaraan.

Section Head Technical Quality 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, meskipun, jarang sekali terjadi kasus kendaraan tersambar petir. Sebab, salah satu hal yang menyebabkan kendaraan tersambar petir adalah karena berada di tanah lapang.

Baca juga: Hujan Deras, Waspada Mobil Tersambar Petir

"Kalau seperti di tanah lapang atau tidak dekat gedung-gedung yang ada penangkal petir bisa saja tersambar," ujar Imam, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Pohon Angsana tumbang di Jalan Halim Perdana Kusuma, Makasar, Jakarta Timur, akibat hujan deras, Selasa (17/12/2019).Dokumentasi Sudin PKP Jakarta Timur Pohon Angsana tumbang di Jalan Halim Perdana Kusuma, Makasar, Jakarta Timur, akibat hujan deras, Selasa (17/12/2019).

Selain berisiko terkena sambaran petir, memarkir kendaraan di bawah pohon besar juga beresiko tertimpa apabila pohon tersebut tumbang.

"Sifat petir adalah mencari jalan terpendek menuju tanah. Terkadang melalui pohon, sehingga akan berbahaya jika memarkir kendaraan di bawah pohon saat hujan deras," kata Imam.

Baca juga: Jangan Paksakan Berkendara saat Hujan Deras Plus Angin Kencang

Hal yang senada juga disampaikan oleh Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM). Menurutnya, mobil beresiko tersambar petir apabila diparkir di lapangan terbuka yang tidak ada penghalangnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X