Kompas.com - 01/01/2020, 15:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comBanjir yang merendam Ibu Kota yang terjadi pada Rabu, (1/1/2020) menyebabkan banyak kerugian. Salah satunya adalah motor yang terendam. Terendamnya motor memang bisa menjadi masalah pada bagian teknisnya.

Oleh karena itu bisa dikatakan berapa batas aman motor terendam banjir. Jika telah melewati batas itu, sebaiknya motor dipindah ke tempat yang lebih tinggi dan aman.

Technical service division PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno mengatakan ada batas maksimum dari genangan air yang merendam motor.

Baca juga: Pertolongan Pertama Motor Terendam Banjir, Benarkah Ban Depan Harus Diangkat?

Kondisi rumah warga yang terendam banjir di Jalan Nurul Hidayah, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (1/1/2020). Longsor dan Banjir disebabkan oleh intensitas curah hujan yang tinggi.KOMPAS.com/M LUKMAN PABRIYANTO Kondisi rumah warga yang terendam banjir di Jalan Nurul Hidayah, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (1/1/2020). Longsor dan Banjir disebabkan oleh intensitas curah hujan yang tinggi.

“Selama tinggi air masih di bawah ujung knalpot, masih aman untuk motor. Tinggi banjir yang aman untuk motor bisa dilihat dari bisa tidaknya banjir itu dilewati oleh motor,” ucap Endro kepada Kompas.com pada Rabu, (1/1/2020).

Jika air melebihi batas tadi, lebih baik motor jangan langsung dinyalakan. Dikhawatirkan ada air yang masuk ke bagian kelistrikan dan mesin. Jika dilakukan dapat merusak mesin dan jika diperbaiki bisa mengeluarkan biaya yang mahal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.