Motor Jokowi yang Dipakai Off-Road Tanpa Suspensi Belakang

Kompas.com - 19/12/2019, 17:47 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah) mengendarai motor Copper saat kunjungan kerja di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis (19/12/2019). Kunjungan kerja Presiden ke Kabupaten Nunukan diantaranya untuk meninjau proyek jalan Trans Kalimantan, program padat karya, dan meninjau Pos Lintas Batas Negara Indonesia-Malaysia. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/pras. Presiden Joko Widodo (tengah) mengendarai motor Copper saat kunjungan kerja di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis (19/12/2019). Kunjungan kerja Presiden ke Kabupaten Nunukan diantaranya untuk meninjau proyek jalan Trans Kalimantan, program padat karya, dan meninjau Pos Lintas Batas Negara Indonesia-Malaysia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo ( Jokowi) memiliki ketertarikan yang cukup tinggi terhadap sepeda motor custom. Bahkan, saat kunjungan kerjanya ke perbatasan RI-Malaysia, Jokowi mengendarai sendiri motor custom miliknya yang bergaya chopper.

Chopper yang dibangun dengan basis Kawasaki W175 ini menggunakan ban aspal dan sasis rigid tanpa peredam kejut belakang. Meski demikian, Jokowi tetap terlihat santai mengendarainya melewati jalur off-road.

Baca juga: Melihat dari Dekat Kawasaki W175 Milik Jokowi

Adalah Andi Akbar, builder Katros Garage, yang melakukan penggarapan motor tersebut pada akhir tahun lalu. Menurut mantan freestyler ini, proses rancang bangun memakan waktu selama dua bulan.

Presiden Joko Widodo (tengah) melintasi jalan Trans Kalimantan di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis (19/12/2019). Kunjungan kerja Presiden ke Kabupaten Nunukan diantaranya untuk meninjau proyek jalan Trans Kalimantan, program padat karya, dan meninjau Pos Lintas Batas Negara Indonesia-Malaysia.ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/pras Presiden Joko Widodo (tengah) melintasi jalan Trans Kalimantan di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis (19/12/2019). Kunjungan kerja Presiden ke Kabupaten Nunukan diantaranya untuk meninjau proyek jalan Trans Kalimantan, program padat karya, dan meninjau Pos Lintas Batas Negara Indonesia-Malaysia.

Selain dari sisi model, fokus pengerjaan juga dari sisi ergonomi dan durabilitas yang ikut diperhitungan menyesuaikan pilihan desain yang dipilih mantan Gubernur DKI itu.

Baca juga: Ini Detail Chopper Kawasaki W175 Milik Jokowi

Posisi berkendara juga ikut diperhitungkan. Pria yang akrab disapa Atenk tersebut sempat meminta seorang temannya yang memiliki tinggi dengan Jokowi untuk dijadikan model mendapatkan posisi duduk yang nyaman.

Pesona motor custom Jokowi di IIMS Motobike Expo 2019Kompas.com/Donny Pesona motor custom Jokowi di IIMS Motobike Expo 2019

"Semuanya kami persiapkan dan pikirkan betul-betul. Sampai-sampai saya minta teman saya yang tingginya sama dengan Pak Jokowi, untuk duduk dan merasakan apakah posisi duduknya sudah nyaman atau belum," ujar Atenk, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Data spesifikasi Kawasaki W175 Chopper Jokowi:
Sasis: Custom
Pelek depan: Ring 16
Ban depan: 5.00-16
Tangki bahan bakar: Custom (pelat galvanis 1,2 mm)
Cover body: Custom (pelat galvanis 1,2 mm)
Spakbor depan dan belakang: Custom (pelat galvanis 1,2 mm)
Knalpot: Custom
Jok: Custom
Lampu depan: LED Aftermarket 5.75 inci
Lampu belakang: LED Aftermarket
Lampu sein: LED Aftermarket

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X