Kompas.com - 19/12/2019, 06:32 WIB
Touring untuk merayakan ultah ke-17 tabloid Motor Plus, menggunakan 17 sepeda motor, tempuh jarak 282,5 km. Motor PlusTouring untuk merayakan ultah ke-17 tabloid Motor Plus, menggunakan 17 sepeda motor, tempuh jarak 282,5 km.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim libur akhir tahun sudah menanti. Buat yang berencana berlibur menggunakan sepeda motor, ada baiknya mengecek kondisi motor sebelum melakukan perjalanan jauh.

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, mengatakan, pengecekan keamanan harus didahulukan seperti kondisi ban, tekanan ban, rem dan lampu-lampu.

Baca juga: Ketahui Risiko yang Mengintai Saat Touring Motor Malam Hari

"Jangan lupa juga kalau jika jarak tempuh akan melebihi batas pakai oli mesin atau part lainnya, alangkah baiknya diganti terlebih dahulu jadi jangan sampai ketika di tengah perjalanan kita malah mengalami penggantian oli atau part yang sudah waktunya," kata Herman kepada Kompas.com, Rabu (18/12/2019).

Touring Honda PCX di BaliAloysius Gonsaga AE/Kompas.com Touring Honda PCX di Bali

Herman mengatakan, jika memang kurang memahami baiknya lakukan perawatan berkala atau servis rutin ke bengkel resmi dengan sedikit note/pemberitahuan di pendaftaran bahwa motor akan dibawa touring jarak jauh.

Baca juga: Edukasi Safety Riding ke Anak Sekolah

"Biasanya mekanik atau Service Advisor akan menanyakan sejauh mana perjalanannya. Mereka akan mengestimasi jarak tempuh dengan kondisi part yang masih bisa digunakan atau yang sebaiknya diganti," katanya.

Safety Gear

Safety Riding Lab Foto: AHM Safety Riding Lab

Selain masalah teknis, Herman juga mengatakan jangan lupa untuk melindungi diri dengan pakaian berkendara yang sesuai aturan, sebab sangat berpengaruh memperkecil risiko jika terjadi kecelakaan.

"Jangan lupa selalu mengutamakan kelengkapan berkendara dari segi safety untuk menghindari atau meminimalisir tingkat resiko luka atau cedera terhadap diri kita pribadi," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.