Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beredar Foto Mobil MG, Ternyata untuk Homologasi

Kompas.com - 18/12/2019, 07:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar mengenai mobil MG (Morris Garage) Motor yang akan beredar di Indonesia semakin kuat setelah fotonya yang sedang diangkut beredar di media sosial. Kehadiran mobil ini tentu akan semakin mewarnai persaingan di segmen SUV.

MG Motor merupakan merek Inggris, yang telah dibeli oleh pabrikan asal China, SAIC Motor. Strategi ekspansi ke Asia Tenggara dimulai dengan pembuatan pabrik di Thailand.

Baca juga: Mengintip Fitur Canggih SUV China Blasteran Inggris MG di Thailand

Zuo Chen, Direktur Marketing MG Thailand Sales Company, mengatakan, pihaknya memiliki pabrik di Thailand, tepatnya di provinsi Rayong. Pabrik tersebut memiliki kapasitas produksi 100.000 unit per tahun.

Deretan mobil keluaran MG yang dipamerkan di Thailand International Motor Expo 2019Kompas.com/Donny Deretan mobil keluaran MG yang dipamerkan di Thailand International Motor Expo 2019

"Semua model SUV yang kami pasarkan diproduksi di pabrik tersebut. Tapi, khusus untuk Electric Vehicle (EV), diproduksi di China," ujar Zuo Chen, kepada Kompas.com, di sela-sela Thailand International Motor Expo 2019, beberapa waktu lalu.

Zuo Chen menambahkan, pihaknya memang memiliki rencana ekspor ke negara lain. Kemungkinan besar yang terdekat dari Thailand.

"Untuk sekarang, kita sudah ekspor ke beberapa negara lain, karena mereka sangat menyukai produk kami. Tapi, hanya beberapa unit saja, belum ada distributor resmi atau diler," kata Zuo Chen.

Baca juga: Akhir Tahun, Diskon SUV Tembus Rp 50 Juta

Menurutnya, Indonesia bisa menjadi tujuan yang menarik, karena populasinya di dunia terbanyak urutan keempat. Namun, tergantung juga dengan kondisi di Indonesia, masyarakatnya, dan pasarnya.

Terkait dengan foto mobil MG yang sudah masuk ke Indonesia, Zuo Chen menjawab bahwa mobil tersebut masih untuk kebutuhan homologasi, belum diperjualbelikan.

"Foto yang beredar tersebut adalah mobil untuk keperluan tes homologasi di jalan di Indonesia. Untuk rencana kami di Indonesia, kami akan beritahukan perkembangannya pada saatnya nanti," ujar Zuo Chen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com