Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Hatchback Menurun, Suzuki Masih Yakin dengan Baleno

Kompas.com - 17/12/2019, 14:41 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meluncur perdana pada 2017 lalu, akhirnya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan melakukan penyegaran pada Baleno Hatchback.

Versi facelift-nya siap dihadirkan jelang penghujung 2019, tepatnya pada 20 Desember 2019 mendatang.

Lantas bagaimana sepak terjang Baleno Hatchback selama ini di pasar Indonesia. Apalagi bila melihat saat ini, tren hatchback memang mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari sampai September 2019 ini total wholesales hatchback hanya 30.956 unit.

Meski telihat besar, namun jumlanya turun dibandingkan periode yang sama di 2018 lalu dengan pencapai 36.000 unit lebih.

Baca juga: Akhir Pekan Ini, Suzuki Perkenalkan Baleno Hatchback Terbaru

Ketika menanyakan hal ini, Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT SIS Harold Donnel, menjelaskan memang secara tren hatchback di Indonesia pada 2019 mengalami penurunan di bandingkan 2018.

Faktornya ada banyak sebab, namun paling utama akibat adanya kanibalisasi.

Suzuki Baleno facelift Suzuki Baleno facelift

"Tahun ini memang hatchback turun. Kalau dari pantauan kami melihat dari sisi pasar, hatchback ini ketemunya dengan LMPV dan LSUV entry level. Jadi ada kanibal atau tergerus dengan kedua model itu," kata Harold kepada Kompas.com, Selasa (17/12/2019).

Menurut Harold, tergerusnya hatchback dengan MPV dan SUV murah diakibatkan soal selisih harga yang memang tak berbeda jauh. Apalagi bila konsumen melakukan pembeliannya secara kredit, maka titik rentang harganya makin tipis.

Baca juga: Diskon Hatchback Akhir Tahun Tembus Rp 26 Juta

Suzuki Baleno HatchbackAditya Maulana - Otomania Suzuki Baleno Hatchback

Faktor kedua soal masalah kecenderungan akomodasi atau muatan yang bisa didapat oleh konsumen. Hal ini menurut Harold juga menjadi salah satu pertimbangan kenapa pasar hatchback sedikit demi sedikit mulai tergerus.

"Jadi memang ada yang tergerus, tapi bukan karena ada perpindahan segmentasi produk. Untuk data penjualan Baleno sendiri, nanti akan disampaikan saat peluncuran, tapi sejauh ini sudah lumayan mulai meningkat, sejak April kemarin angkanya di kisaran 350-450 unit per bulan," ucap Harold.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com