Harga Kawasaki Binter Merzy saat Ini

Kompas.com - 22/11/2019, 10:24 WIB
Kawasaki Binter Merzy Foto: crisisclass27.blogspot.comKawasaki Binter Merzy
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki KZ200 atau biasa disebut Binter Merzy masih jadi incaran sejumlah orang. Saat ini, motor yang sempat jadi bintang di film CHIPS Warkop DKI itu punya banderol lumayan tinggi.

Himawan Wicaksono, pemilik Binter Merzy tahun 1982, mengatakan, tahun 2013 saat dia pertama memiliki Binter motor itu sudah dilepas Rp 9 juta. Sedangkan saat ini kondisi "bahan'' sudah dilepas orang dua kali lipat.

"Beruntung waktu itu saya tidak beli tapi dikasih oleh pakde. Tapi waktu saya cek, dengan kondisi sama orang jual sudah Rp 9 juta. Buat sekarang, di bengkel langganan saya, kondisi bahan saja sudah Rp 17 juta," kata Bagong, panggilannya kepada Kompas.com, Kamis (21/11/2019).

Baca juga: Binter Merzy, Motor Kawasaki yang Melegenda

Kawasaki Binter Merzy generasi awal bentuk tangkinya lebih membulatFoto: Otosite.net Kawasaki Binter Merzy generasi awal bentuk tangkinya lebih membulat

Harga tersebut kata Bagong, untuk motor kondisi bahan, alias butuh banyak sentuhan atau kasarnya belum enak dilihat. Sedangkan untuk kondisi segar bugar dengan parts orisinil pastinya lebih mahal lagi.

Geger Suryo Murni, pengguna Binter Merzy tahun 1982 yang kini berdomisili di Boyolali, Jawa Tengah, mengatakan, harga Binter Merzy saat ini berbeda-beda, tergantung kondisi dan penjual. Maklum, sudah masuk motor tua.

"Sulit sebetulnya kalau menentukan harga, ya kamu tahu kalau motor tua sudah tidak ada pasaran. Tapi saya baru-baru ini lihat, kondisi ori standar itu dibuka sudah Rp 25 juta," kata Geger.

Masger panggilannya mengatakan, harga Binter Merzy generasi pertama yang masih pakai platina biasanya sedikit lebih murah ketimbang yang sudah CDI. Sebab perawatan platina lebih susah.

"Kalau platina susah sih tidak tapi lebih butuh perhatian saja. Tapi sekarang kan sudah banyak yang diubah pakai pengapian dobel, atau diubah dari platina pakai CDI," katanya.

Kawasaki Binter Merzy Foto: OLX.com Kawasaki Binter Merzy

Baca juga: Binter Merzy, Motor Kawasaki yang Melegenda

Kompas.com, mencoba menelusuri banderol Binter Merzy dipasaran dengan mengunjungi beberapa situs jual beli online. Ternyata masih cukup banyak yang jual, dan banderolnya memang tidak beda jauh.

Untuk motor kondisi standar tahun 1983 ke atas harganya bervariasi tergantung kondisi tapi, batasnya mulai dari Rp 22 juta sampai Rp 28 juta. Ada juga yang tembus Rp 30 juta lengkap dengan berbagai aksesori yang membuatnya lebih tampan.

Ada pula Binter Merzy yang dijual dalam kondisi kustom alias modifikasi. Harganya pun bervariasi, tapi relatif di bawah yang Binter Merzy 'orian' dengan bukaan banderol mulai Rp 8 juta sampai Rp 25 juta.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X