Pentingnya Merawat Suspensi secara Teratur

Kompas.com - 02/12/2019, 09:22 WIB
Oli suspensi yang sudah bocor, karena sil sokbreker rusak. Ghulam/KompasOtomotifOli suspensi yang sudah bocor, karena sil sokbreker rusak.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada sepeda motor, sokbreker merupakan salah satu komponen yang vital. Meski fungsinya vital, tetapi tak banyak pengguna motor yang paham pentingnya merawat sokbreker secara teratur.

Rio Tan, Manager Technical Support PT Enwan Multi Partindo (RCB Indonesia), mengatakan, sampai sekarang ini masih banyak orang yang tidak melakukan perawatan pada sokbreker motor.

Baca juga: Pilihan Sokbreker Aftermarket Honda ADV 150

"Saat motor dipakai, minimal seminggu sekali dicuci. Dibasahi, jadi debu-debu yang menempel yang ada di as bisa bersih," ujar Rio kepada Kompas.com, di sela-sela acara IIMS Motobike Expo 2019, di Istora, Senayan, Jakarta, belum lama ini.

Perbaikan dan perawatan sil sokbreker.Ghulam/KompasOtomotif Perbaikan dan perawatan sil sokbreker.

Rio menjelaskan, debu-debu ini yang membuat sokbreker cepat rusak. Saat sokbreker sedang bekerja, debu-debu ini akan ikut tergesek di antara as dan karet sil.

"Lama kelamaan, karet sil akan rusak dan saat itulah oli sokbreker bisa keluar atau bocor," kata Rio.

Baca juga: Tips Ringan Rawat Sil Sokbreker Depan di Musim Hujan

Untuk itu, penting untuk mencuci sokbreker secara teratur. Apalagi, jika sudah memasuki musim hujan. Sebab, banyak pasir-pasir kecil dari lumpur yang menempel karena cipratan air hujan tersebut. Pasir-pasir kecil ini yang berpotensi membuat sokbreker menjadi bocor.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X