Tips Ringan Rawat Sil Sokbreker Depan di Musim Hujan

Kompas.com - 09/05/2019, 07:22 WIB
Oli suspensi yang sudah bocor, karena sil sokbreker rusak. Ghulam/KompasOtomotifOli suspensi yang sudah bocor, karena sil sokbreker rusak.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat hujan mulai sering turun, sulit untuk menjaga kebersihan motor. Namun, jangan sampai malas untuk membersihkan motor. Pasalnya, air hujan berpotensi membuat komponen motor jadi rusak, termasuk sil sokbreker depan.

Tak sedikit pengguna motor yang menganggap sepele perawatan sil sokbreker depan. Padahal jika sudah rusak, akibat yang ditimbulkan juga bisa fatal.

Baca juga: Cegah Kebocoran Sokbreker Motor Sejak Dini

Sil sokbreker depan berfungsi untuk menjaga oli yang ada di dalam tabung sokbreker tidak merembes keluar. Jika sil sudah rusak dan oli merembes keluar, nantinya bisa menetes hingga ke bagian pengereman.

Tentu hal tersebut bisa jadi fatal apabila tidak segera diperbaiki. Tapi, tidak perlu juga menunggu sampai rusak baru memperbaikinya. Alangkah lebih baik jika mencegahnya dengan melakukan perawatan.

Rizky, mekanik bengkel Yamaha Amie Jaya Motor, menyarankan sebaiknya sil sokbreker depan langsung dibersihkan sehabis terkena kotoran.

Baca juga: Biaya Perbaikan “Sil Sokbreker” Sepeda Motor

"Perawatannya mudah, cukup dibilas dengan air bersih, setelah itu dilap hingga kering. Lakukan setiap habis melewati hujan," ujar Rizky, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Air hujan yang menempel pada motor turut membawa pasir atau kerikil halus. Kerikil halus ini yang bisa membuat sil menjadi rusak saat sokbreker depan bekerja.

Rizky juga menambahkan, jika salah satu sil sokbreker depan sudah rusak. Sebaiknya keduanya langsung diganti, agar kinerja sokbreker tetap terjaga dengan baik.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X