Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Ringan Rawat Sil Sokbreker Depan di Musim Hujan

Kompas.com - 09/05/2019, 07:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat hujan mulai sering turun, sulit untuk menjaga kebersihan motor. Namun, jangan sampai malas untuk membersihkan motor. Pasalnya, air hujan berpotensi membuat komponen motor jadi rusak, termasuk sil sokbreker depan.

Tak sedikit pengguna motor yang menganggap sepele perawatan sil sokbreker depan. Padahal jika sudah rusak, akibat yang ditimbulkan juga bisa fatal.

Baca juga: Cegah Kebocoran Sokbreker Motor Sejak Dini

Sil sokbreker depan berfungsi untuk menjaga oli yang ada di dalam tabung sokbreker tidak merembes keluar. Jika sil sudah rusak dan oli merembes keluar, nantinya bisa menetes hingga ke bagian pengereman.

Tentu hal tersebut bisa jadi fatal apabila tidak segera diperbaiki. Tapi, tidak perlu juga menunggu sampai rusak baru memperbaikinya. Alangkah lebih baik jika mencegahnya dengan melakukan perawatan.

Rizky, mekanik bengkel Yamaha Amie Jaya Motor, menyarankan sebaiknya sil sokbreker depan langsung dibersihkan sehabis terkena kotoran.

Baca juga: Biaya Perbaikan “Sil Sokbreker” Sepeda Motor

"Perawatannya mudah, cukup dibilas dengan air bersih, setelah itu dilap hingga kering. Lakukan setiap habis melewati hujan," ujar Rizky, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Air hujan yang menempel pada motor turut membawa pasir atau kerikil halus. Kerikil halus ini yang bisa membuat sil menjadi rusak saat sokbreker depan bekerja.

Rizky juga menambahkan, jika salah satu sil sokbreker depan sudah rusak. Sebaiknya keduanya langsung diganti, agar kinerja sokbreker tetap terjaga dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com