Siap Bangun Pabrik, Ini Strategi Hyundai Bersaing di Tanah Air

Kompas.com - 27/11/2019, 08:22 WIB
Ilustrasi Hyundai Ilustrasi Hyundai
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain akan membangun pabrik di Indonesia, prinsipal Hyundai Motor Company (HMC) mengaku juga sudah mengantongi strategi. Upaya untuk mempercepat pembentukan platform bagi pengembangan produk yang stabil, produksi, dan penjualan di Indonesia serta pasar ASEAN.

Dalam keterangan resminya, Executive Vice Chairman Hyundai Motor Group Euisun Chung, mengatakan, Hyundai akan menerapkan strategi diferensiasi inovatif sebagai langkah mendapatkan keunggulan kompetitif dibanding para pesaingnya.

"Agar dapat mengembangkan model kendaraan strategis yang dirancang khusus untuk kawasan ini, Hyundai Motor telah membentuk organisasi khusus dan saat ini mengoperasikan sistem di mana kantor pusat dan operasinya di Indonesia berkolaborasi secara organik di semua aspek pengembangan produk dan proses produksi massal," ucap Euisun Chung dalam keterangan resminya, Selasa (26/11/2019).

Baca juga: Akhirnya Hyundai Siap Bangun Pabrik di Cikarang

Hyundai juga akan mendukung penguatan kemampuan teknologi dari para produsen suku cadang lokal dengan mendorong kemitraan antara pemasok Korea dan mitra Indonesia.

Presiden Jokowi dan Hyundai Motor Company usai menandatangi MoU di Korea Selatan Presiden Jokowi dan Hyundai Motor Company usai menandatangi MoU di Korea Selatan

 

Sedangkan dalam hal produksi dan penjualan, Hyundai akan mengambil pendekatan yang berpusat pada pelanggan. Kendaraan akan ditawarkan berdasarkan skema build-to-order (BTO) yang memungkinkan pelanggan memilih spesifikasi produk saat memesan.

Ketika produksi komersial dimulai, perusahan Korea Selatan ini juga berencana mengimplementasi saluran ritel online-offline-mobile yang terintegrasi, atau omni-channel dengan beberapa perusahan e-commerce lokal terbesar guna mengoptimalkan penjualan dan pengalaman pelanggan di Tanah Air.

Baca juga: Hyundai Gandeng Grab Kembangkan Mobil Listrik

"Hyundai juga merencanakan membangun jaringan diler nasional sejak awal operasi. Pada tahap awal akan memastikan terdapat sekitar 100 diler di tahun 2021 dan akan terus berkembang secara bertahap," kata Euisun Chung.

Hyundai Kona electric Hyundai Kona electric

Seperti diketahui, pabrik Hyundai yang akan berlokasi di Deltamas, Cikarang, Jawa Barat, direncanakan siap beroperasi pada paruh kedua 2021 dengan kapasitan tahunan sekitar 150.000 unit dan akan mencapai kapasitas penuh hingga 250.000 unit per tahunnya.

Tak hanya memproduksi mobil untuk pasokan pasar di Indonesia saja, HMC juga sudah menargetkan siap untuk mengekspor 59.000 unit kendaraan dalam bentuk completely knocked down (CKD) per tahun. Untuk negaranya sendiri meliputi Thailand, Malaysia, Vietnam, dan Filipina, bakan besar kemungkinan hingga ke Timur Tengah dan Australia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X