Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balapan di Moto2, Andi Gilang Masih Butuh Adaptasi

Kompas.com - 10/11/2019, 09:02 WIB
Aditya Maulana

Editor

VALENCIA, KOMPAS.com - Pebalap binaan Astra Honda Racing Team Andi Farid Izdihar (Andi Gilang), akan menjadi wakil Indonesia di Grand Prix (GP) Moto2 semusim penuh pada 2020, bergabung bersama Honda Team Asia (HTA).

Meski sudah pernah berlaga di ajang balap itu menggantikan Dimas Ekky Pratama, tetapi menurut Andi masih butuh banyak penyesuaian. Sebab, motor yang digunakan jauh berbeda dengan versi CEV Moto2.

Baca juga: Andi Gilang Geser Posisi Dimas Ekky di GP Moto2, Ini Kata AHM

"Jadi saya harus banyak berlatih dan beradaptasi lagi dengan motornya. Terutama dari sisi pengendalian karena motor di GP Moto2 tenaganya jauh lebih besar," ujar pebalap kelahiran Bulukumba, Sulawesi Selatan, 22 tahun lalu, saat ditemui Kompas.com di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Sabtu (9/11/2019).

Pebalap Astra Honda Racing Team, Andi Gilang.Dok. AHRT Pebalap Astra Honda Racing Team, Andi Gilang.

Menurut pebalap jebolan Astra Honda Racing School (AHRS) pada 2010 itu, usai mengikuti CEV Moto2 seri terakhir ini akan langsung berlatih dengan menggunakan motor yang digunakan pada GP Moto2.

Baca juga: Karier Balap Andi Gilang, dari Bulukumba Menembus Moto2

Persiapan atau latihan fisik pun akan dilakukan karena atmosfer dan pengendalian pada motor itu membutuhkan tenaga yang lebih besar lagi.

Pebalap muda Astra Honda Racing Team (AHRT), Andi Gilang.  Dok. AHM Pebalap muda Astra Honda Racing Team (AHRT), Andi Gilang.

"Jadi sebisa mungkin saya harus bisa dan cepat beradaptasi dengan motor itu agar nanti balapan dimulai bisa bersaing dan fokus memberikan yang terbaik untuk tim dan juga Indonesia," kata Andi.

Andi Gilang dipilih sebagai pebalap andalan HTA mewakili bakat-bakat balap terbaik para pebalap di belahan bumi Asia. Bersama pebalap asal Thailand, Somkiat Chantra, Andi akan berjuang tak hanya membawa kebanggaan untuk negara masing-masing, tetapi juga mengemban misi untuk mengukir prestasi sebagai bintang dari Asia.

Pebalap Astra Honda Racing Team, Dimas Ekky Pratama, memacu motornya pada sesi kualifikasi FIM CEV Moto2 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Sabtu (18/11/2017). Selain Dimas Ekky Pratama, Astra Honda Racing Team juga menurunkan Andi Gilang di kelas Moto3.KOMPAS/WAWAN H PRABOWO Pebalap Astra Honda Racing Team, Dimas Ekky Pratama, memacu motornya pada sesi kualifikasi FIM CEV Moto2 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Sabtu (18/11/2017). Selain Dimas Ekky Pratama, Astra Honda Racing Team juga menurunkan Andi Gilang di kelas Moto3.

Sementara itu, di ajang CEV Moto2 World Championship, Andi sudah melahap tiga seri melalui wildcard dengan hasil yang tidak mengecewakan, yakni di Catalunya, Jerez, dan Albacete.

Baca juga: Hasil FP3 Moto2, Andi Gilang Mulai Gemilang

Wildcard Andi tersisa satu untuk digunakan pada seri terakhir di Valencia, November 2019. Dia juga sudah pernah mencicipi atmosfer ketat balapan kelas dunia saat menggantikan Dimas Ekky Pratama di Honda Team Asia pada GP Moto2 2019 di sirkuit Misano, Italia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com