Kawasaki EV Project, Bukti Kawasaki Serius Buat Motor Listrik

Kompas.com - 08/11/2019, 12:55 WIB
Kawasaki EV Project EICMA 2019 Foto: MCNKawasaki EV Project EICMA 2019
|

MILAN, KOMPAS.com - Kawasaki mulai serius mengembangkan motor listrik. Pabrikan asal Jepang itu pun memperkenalkan konsep motor listrik bernama Kawasaki EV Project di EICMA 2019.

Di EICMA 2019 motor ini hadir telanjang dalam arti belum punya bodi. Kawasaki memang sengaja membuatnya seperti itu untuk menunjukkan bagaimana penggerak listrik tersebut bekerja.

Kawasaki EV Project EICMA 2019Foto: MCN Kawasaki EV Project EICMA 2019

Uniknya prototipe yang dilansir Kawasaki berbeda dengan motor listrik kebanyakan. Sebab selain berjenis motor sport, sistem penggeraknya tidak berupa motor listrik hub atau dengan final gear single speed.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Kawasaki Z H2, Motor Kencang dengan Supercharged

Motor listrik itu benar-benar hanya menggantikan silinder ruang bakar saja, sedangkan penerus daya masih pakai transmisi manual dan terhubung pakai rantai ke gir belakang seperti motor biasa.

Kawasaki mengaku sudah mengetes unit EV Projct di trek dan jalanan di Jepang. Namun pihaknya belum bisa merinci apapaun, mulai dari spesifikasi sampai rencana kapan produksi.

Kawasaki EV Project EICMA 2019Foto: MCN Kawasaki EV Project EICMA 2019

Baca juga: Mengenal Kawasaki ZXR-250, Pendahulu Ninja 250 4 Silinder

Kawasaki European PR Manager Martin Lambert, mengatakan, tujuan kawin silang antara motor listrik dengan transmisi manual agar pengendara masih merasakan sensasi bersepeda motor konvensional.

“Kami mulai dengan memikirkan apa yang diinginkan penggemar Kawasaki dari motor listrik, namun dengan perasaan keterlibatan yang penting bagi banyak pengendara sepeda motor, yakni gear shifting,” katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X