Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vinales Lega Tuntaskan Dendam, Marquez Sebut Vinales Ancaman

Kompas.com - 03/11/2019, 17:05 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber MotoGP

SEPANG, KOMPAS.com - Pebalap Monster Energy Yamaha Maverick Vinales puas pada pencapaiannya di balapan MotoGP Malaysia 2019 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Minggu (3/11/2019).

Setelah gagal bersaing hingga akhir dengan Marc Marquez di GP Australia pekan lalu, Vinales mengaku amat menantikan kesempatan ini. Vinales melancarkan serangan balasan dan membuktikan bahwa dominasi Marquez di MotoGP 2019 dapat dipecahkan.

Baca juga: Hasil MotoGP Malaysia, Vinales Jauh Tinggalkan Marquez

Maverick Vinales menjajal Sirkuit Phillip Island pada latihan bebas MotoGP Australia 2019, 27 Oktober 2019. AFP/WILLIAM WEST Maverick Vinales menjajal Sirkuit Phillip Island pada latihan bebas MotoGP Australia 2019, 27 Oktober 2019.

"Pekan lalu di Philip Island, Australia, saya merasakan kemenangan sudah di tangan. Tapi di lap terakhir, saya melakukan kesalahan yang berujung crash," katanya dilansir MotoGP, Minggu (3/11/2019).

"Setelah itu dalam waktu seminggu tim dan saya berusaha semaksimal mungkin untuk bisa kembali pada kesempatan tersebut. Mengoptimalkan performa motor dibanding lima balapan sebelumnya. Dari awal, saya mencari posisi teratas dan berusaha memperbesar jarak. Capaian ini membuat saya dan tim sangat bahagia," ujar Vinales.

Bagi Vinales, ini adalah kemenangan ke-2 yang diraihnya pada MotoGP 2019.

Memulai balapan dari posisi kedua, Vinales langsung mencuri peringkat pertama yang ditempat Fabio Quartararo di tikungan awal. Setelah itu dirinya terus membuat jarak hingga 3 detik dari posisi dua.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2019, Marquez Cetak Rekor Poin Tertinggi

Sementara Marquez yang memulai laga dari posisi sebelas langsung tancap gas mengukuhkan posisi dua di lap pertama. Namun setelah beberapa kali percobaan, ia tak bisa memecahkan dominasi Vinales.

Hingga akhir balapan, jarak antara Vinales dengan Marquez semakin melebar yaitu 14,632 detik.

Pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez, saat menjalani sesi latihan ketiga (FP3) di Twin Ring Motegi, Sabtu (19/10/2019).AFP/TOSHIFUMI KITAMURA Pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez, saat menjalani sesi latihan ketiga (FP3) di Twin Ring Motegi, Sabtu (19/10/2019).

Marquez sendiri sudah merasakan ancaman besar dari Vinales. Sejak awal lap, Marquez langsung mencari Vinales.

"Sejak awal, saya langsung meluncur mencari Vinales karena pasti dia akan memimpin karena memulai balapan dari posisi yang baik. Saya berusaha untuk mencapainya seperti di Australia kemarin, tapi ia bertahan secara konsisten dan jarak kami terus melebar. Vinales sangat cepat," ujar Marquez.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MotoGP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com