Ini Komponen yang Perlu Diganti pada Motor Sport Usia 5 Tahun

Kompas.com - 01/11/2019, 09:02 WIB
Bengkel Pitline Motor Sport, spesalis Honda CBR di Raden Inten Duren Sawit, Jakarta Timur. KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRIBengkel Pitline Motor Sport, spesalis Honda CBR di Raden Inten Duren Sawit, Jakarta Timur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap motor yang sudah mencapai batas waktu tertentu, perlu untuk mengganti komponennya agar performanya tetap terjaga. Tak terkecuali dengan motor sport yang sudah mencapai usia lima tahun.

Wahyudin, Kepala Bengkel Daya Adicipta Motora (DAM) mengatakan, untuk motor berusia lima tahun, biasanya suku cadang yang diganti lebih kepada komponen di area mesin.

Baca juga: Tren Modifikasi Motor Sport 250 cc Meredup

"Biasanya, yang diganti itu piston kit, valve kit, rantai mesin, crankshaft dan bearing big end, seal-seal pada mesin, O-ring pada penutup oli, serta gasket atau paking," ujar Wahyudin, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Ilustrasi komponen kopling di CBR250R asal Thailand.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Ilustrasi komponen kopling di CBR250R asal Thailand.

Wahyudin menambahkan, bagian suspensi juga perlu dilakukan pengecekan, khususnya pada bagian seal-nya. Seal yang menggunakan material karet umumnya sudah getas saat mencapai usia lima tahun. Apalagi, seal sokbreker depan yang bisa dibilang terus bekerja saat motor melaju.

"Khusus untuk motor sport, biasanya kampas kopling manual juga perlu dilakukan penggantian. Selain itu, rantai roda satu set dengan gir depan dan belakang juga sudah waktunya untuk diganti," kata Wahyudin.

Baca juga: Oktober 2019, Harga Motor Sport Kelas 150 cc Bertahan

Untuk harganya, berbeda-beda untuk tiap motor sport. Tergantung dari merek, tipe, dan juga kapasitas mesinnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X