Bermasalah, Produksi Motor Listrik Harley Davidson Dihentikan

Kompas.com - 16/10/2019, 11:01 WIB
Rombongan Harley-Davidson LiveWire melewati batas senja. motorcycleRombongan Harley-Davidson LiveWire melewati batas senja.
|

MILWAUKEE, KOMPAS.com - Harley-Davidson secara resmi menghentikan sementara produksi dan pengiriman sepeda motor listrik pertama mereka, LiveWire pada Senin (14/10/2019).

Perusahaan sepeda motor asal Amerika Serikat (AS) ini melakukannya karena menemukan masalah pada proses pengisian baterai motor. Sehingga, beberapa komponen yang disematkan pada LiveWire harus dilakukan uji kembali guna mendapatkan solusi yang tepat.

"Kami baru-baru ini menemukan kondisi tidak standar selama final quality check pada LiveWire. Kami akan memulai pengujian tambahan," kata perusahaan, sebagaimana dilansir Carscoops, Rabu (16/10/2019).

Baca juga: LiveWire Tetap Punya Suara Khas Harley-Davidson

Harley-Davidson Livewire sedang dites di New York, Amerika Serikat.motorcycle Harley-Davidson Livewire sedang dites di New York, Amerika Serikat.

Sejauh ini belum ditemukan korban akiban kesalahan pada bagian pengisian motor tersebut.

Harley sendiri belum bisa menjelaskan kapan akan melanjutkan produksi motor listrik LiveWire. Sementara imbas penyetopan sementara ini, saham Harley turun 1 persen menjadi 34,73 dolar US.

LiveWire resmi diperkenalkan pada tahun 2014, dengan harga jual sekitar 30.000 dolar US atau setara dengan Rp 423 juta di pasar AS dan Eropa Barat. Motor menggunakan tenaga baterai 15,5 kWh yang mampu menghasilkan daya hingga 105 Tk dan torsi 116 Nm.

Baca juga: Harley-Davidson Sekarang Jadi Mainan Anak Muda

Harley-Davidson Livewire berderet sebelum di tes di New York, Amerika Serikat.STAN HONDA/AFP/Getty Images Harley-Davidson Livewire berderet sebelum di tes di New York, Amerika Serikat.

Kabarnya, motor akan diperkenalkan di Indonesia beberapa tahun ke depan. Tapi sepertinya LiveWire harus berjuang keras supaya menarik, karena dianggap kurang mencerminkan karakter Harley-Davidson.

"Saya sudah sempat coba motor listrik Harley itu, dan saya pribadi kurang suka. Karena HD terkenal dengan suara garang dan mesinnya, ketika begitu menjajal LiveWire jadi aneh seperti kehilangan identitas," ucap Dealer Principal Anak Elang Harley-Davidson Jakarta, Sahat Manalu saat berbincang bersama Kompas.com, beberapa waktu lalu.

"Jadi ya seperti bawa skutik saja, identitas Harley-nya seperti hilang begitu saja. Semoga saja nanti ada cara lain dari pihak Harley untuk menjaga identitas yang sudah lama mereka bangun itu di motor listriknya," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X