Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambah Produksi, Daihatsu Klaim Pasokan Terios Sudah Aman

Kompas.com - 14/10/2019, 12:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memastikan pasokan untuk Daihatsu Terios tidak lagi bermasalah karena saat ini produksinya ditambah ke pabrik di Karawang, Jawa Barat. Sebelumnya, mobil hanya diproduksi di pabrik Daihatsu Sunter, Jakarta Utara, bersama dengan Toyota Rush.

Melalui penyesuaian tersebut, Direktur Pemasaran ADM Amelia Tjandra menyatakan pasokan low sport utility vehicle (LSUV) ini kembali menjadi normal. Tidak ada lagi inden sampai 3 bulan seperti sebelumnya.

"Terios sekarang sudah diproduksi bukan hanya di Sunter, Jakarta Utara, tetapi juga Karawang, Jawa Barat. Jadi pasokannya sudah normal sejak Agustus 2019 kemarin," katanya di Bandung, Jawa Barat, belum lama ini.

Baca juga: Daihatsu Terios Sedang Laris Manis

Stok All-New Terios di Vehicle Logistic Center Astra Daihatsu Motor di Sunter, Jakarta Utara.FEBRI ARDANI/KOMPAS.com Stok All-New Terios di Vehicle Logistic Center Astra Daihatsu Motor di Sunter, Jakarta Utara.

"Jadi ini sudah tidak ada masalah supply. Tinggal Daihatsu Xenia," ujar Amelia.

Sebagaimana diketahui, ADM memproduksi Rush untuk diekspor sejak tahun lalu. Mobil sempat dikapalkan ke 50 negara di Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Amerika Latin. Sementara permintaan Terios dan Rush di dalam negeri, rata-rata 4.500 unit per bulan.

Meningkatnya permintaan di dua lini tersebut, membuat masa tunggu Terios dan Rush menjadi lebih lama dari biasanya, yakni 2 - 3 bulan. 

Baca juga: Inden Terios dan Xenia Matik Panjang, Daihatsu Minta Maaf

 

Test Drive Daihatsu All New Terios di Padang.Ghulam/KompasOtomotif Test Drive Daihatsu All New Terios di Padang.

Berdasarkan catatan Gaikindo, ekspor Rush yang dikirimkan Daihatsu selama 2018 lalu berkontribusi terhadap total ekspor Daihatsu sekitar 28,37 persen atau 33.249 unit dari total sebanyak 117.182 unit.

Sedangkan di pasar domestik, selama Januari-Agustus 2019 Rush menjadi mobil nomor tiga terlaris dengan capaian penjualan sebesar 41.845 unit. Sementara Terios, pada periode sama, catatan penjualannya ialah 13.119 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com