Minat Konsumen Meminang Mobil Hybrid Memuncak

Kompas.com - 11/10/2019, 07:32 WIB
Toyota C-HR Hybrid mencoba menyasar ke segmen konsumen berjiwa muda di Indonesia. TOYOTAToyota C-HR Hybrid mencoba menyasar ke segmen konsumen berjiwa muda di Indonesia.

Kuta, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor ( TAM) mengaku jika minat konsumen meminang mobil berteknologi hybrid meningkat signifikan tahun ini. Makin beragam model yang ditawarkan, serta teknologi ramah lingkungan, serta irit bahan bakar jadi pemicunya.

"Saya bilang minat meminang, tetapi belum pasti beli ya. Tapi, total penjualan hybrid (model) sepanjang tahun ini, sampai September, kira-kira sudah mencapai 500 unit," ucap Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran TAM di Bedugul, Bali, Kamis (10/10/2019).

Anton menjelaskan, penjualan terbesar model hybrid Toyota disumbangkan oleh C-HR. Setelah peluncuran April 2019 lalu, terasa memang terjadi ada penambahan permintaan.

Baca juga: Cara Toyota Menangkis Kekhawatiran Konsumen Soal Hybrid

Namun, berdasarkan survei yang digulirkan TAM kepada calon kosumen yang menyatakan berminat membeli hybrid, menyimpulkan kalau ada dua faktor utama yang masih memicu keraguan.

"Pertama itu soal akselerasi mobil hybrid, apakah sama dengan mobil konvensional. Kedua, soal biaya servis," ucap Anton.

Sampai saat ini, TAM Sudah menjual beragam model berteknologi hybrid di Indonesia, yakni Alphard, Camry, C-HR, dan Corolla Altis.

Bicara penjualan generasi terbaru Toyota Corolla Altis, Deputy Division Head Marketing Planning Division TAM, Andri Widiyanto, mengatakan, total penjualan Corolla Altis selama belum genap sebulan ini, sudah mencapai 100 unit.

Baca juga: Sama-sama Hybrid, Corolla Altis dan Camry Beda Segmen

Pilihan mobil berteknologi hybrid dari Toyota mulai beragam, yakni Prius, C-HR, Corolla Altis, dan Alphard.Dimas Aska/TOYOTA Pilihan mobil berteknologi hybrid dari Toyota mulai beragam, yakni Prius, C-HR, Corolla Altis, dan Alphard.

"Jadi jumlah itu, sekitar 4 persen atau 5 persen, adalah varian Corolla Altis Hybrid. Kami yakin akan bertambah ke depan. Namun, segmen sedan mini ini memang kecil, tentu jumlahnya juga tidak besar," kata Andri, menjawab Kompas.com.

Pihak TAM kemudian melanjutkan pemaparan data, menyebutkan kalau sejak dipasarkan 2007 hingga Agustus 2019, total mobil hyrbid yang berhasil dijual mencapai 2.284 unit.

"Toyota Camry Hybrid yang paling banyak terjual selama kurun waktu tersebut yaitu sebanyak 1.469 unit, atau berkontribusi sekitar 64,3 persen dari total penjualan hybrid Toyota brand, diikuti oleh Toyota C-HR Hybrid sebanyak 245 unit, yang berkontribusi sekitar 10,7% dari total penjualan," kata Anton.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X