Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Esemka Bima via BUMDes Harus Tunai

Kompas.com - 04/10/2019, 09:22 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain Dewan UKM Indonesia, Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes juga ikut bagian menjadi distributor untuk PT Solo Manufaktur Kreasi dalam memasarkan Esemka Bima.

Menariknya, BUMDes tak hanya memasarkan untuk anggotanya saja, tapi juga bisa dipesan untuk masyarakat umum. Sementara untuk harga, diklaim juga sama dengan yang akan dijual oleh Dewan UKM.

"Kami juga bisa layani untuk masyarakat umum, kalau memang dan tertarik bisa langsung ke kantor-kantor cabang BUMDes yang sudah ada di semua desa. Harganya sama, Rp 99 juta on the road," kata Direktur Utama BUMDes Indonesia Eddy Limatoro, ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (3/10/2019).

Baca juga: Dewan UKM Siap Rilis Esemka Versi Mobil Toko

Namun, Eddy mengatakan, karena belum memiliki sokongan perusahaan pembiayaan, jadi untuk sementara waktu ini, BUMDes hanya melayani pembelian Esemka Bima secara tunai.

Tes Drive Esemka Bima 1.3 Tes Drive Esemka Bima 1.3

Tidak hanya itu, untuk memudahkan masyarkat mencari informasi dan melakukan pemesanan Esemka, nantinya BUMDes juga akan mengembangkan pemasaran melalui jalur online yang akan ditempatkan pada website resminya.

"Untuk online sedang disiapkan dari jaringan kami, sementara ini yang mau pesan bisa langsung ke kantor BUMDes lebih dulu, nanti akan dijelaskan detailnya," ujar Eddy.

Saat menanyakan soal jumlah pemesanan sampai saat ini, Eddy menjelaskan pihaknya memang sudah menerima beberapa ratusan unit Esemka Bima dari berbagai wilayah.

Baca juga: Mengungkap Jalur Distribusi Esemka di Indonesia

Mobil Esemka Bima 1.2 dan 1.3 di pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi Mobil Esemka Bima 1.2 dan 1.3 di pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi

Tapi, memang belum bisa terdistribusi karena masih ada beberapa administrasi yang harus diselesaikan.

"Kita masih menunggu proses kelengkapan administrasi selesai, seperti beberapa perjanjian lainnya. Untuk pemesanan sudah ada ratusan, dan sekarang pun kami masih mendata permintaan dari BUMDes di daerah-daerah," kata Eddy. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com