Kompas.com - 02/10/2019, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Suspensi merupakan alat vital di sepeda motor. Tugasnya yaitu meredam guncangan di jalan. Karena itu merawat suspensi cukup penting agar perjalanan tetap nyaman.

Kelvin, pemilik bengkel spesialis peredam kejut, Kelvin PJRT di Bandung, Jawa Barat, mengatakan, tidak sulit merawat suspensi agar kondisinya tetap terawat dan berfungsi dengan baik.

Baca juga: Sesuaikan Suspensi Motor dengan Kebutuhan Pengendara

"Pertama jangan biasakan motor kotor. Kedua jangan biasakan membawa beban melebihi kapasitas, dan ketiga jangan pakai aksesori peninggi shockabsorber buat shock belakang," kata Kelvin kepada Kompas.com, Selasa (1/10/2019).

Kenali ciri-ciri shockbreaker rusak dari visual.Febri Ardani/KompasOtomotif Kenali ciri-ciri shockbreaker rusak dari visual.

Kelvin mengatakan, suspensi yang kotor menjadi tempat debu dan kerikil halus. Jika sudah menumpuk, debu dan kerikil dapat menyebabkan as shockabsorber baret dan mengakibatkan oli bocor.

"Apalagi kalau musim hujan, kan sering kotor, masuk air, sering-sering bersihkan bagian suspensi," katanya.

Baca juga: Langkah Mudah Rawat Suspensi Udara

Kedua katanya, ialah pemakaian yang wajar jangan terlalu sering membawa beban lewati batas normal. Khusus untuk pemakaian suspensi aftermarket, setel kekerasannya sesuai beban yang sering dibawa.

Alat peninggi shockbreaker belakang atau yang biasa disebut anting-anting.suzuki.co.id Alat peninggi shockbreaker belakang atau yang biasa disebut anting-anting.

"Kalau kita sering boncengan, kalau misalkan pakai shock variasi, bisa disetel per-nya, dibuat seusai kebutuhan, jadi di jalan lebih nyaman dan tidak amblas," katanya.

Ketiga yaitu jangan pakai anting-anting peninggi suspensi. Sebab anting peninggi suspensi membuat shockbreaker jadi lebih tinggi. Sudutnya dikhawatirkan dapat berubah dan membuatnya kerja lebih keras. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.