Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sesuaikan Suspensi Motor dengan Kebutuhan Pengendara

Kompas.com - 02/11/2018, 13:21 WIB
Azwar Ferdian

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Suspensi adalah bagian yang kerap diubah pemilik sepeda motor. Apalagi motor dengan pemakaian khusus seperti buat modifikasi, turing, sampai balapan, yang biasanya tidak lagi menggunakan suspensi bawaan pabrikan.

Salah satu produsen suspensi yang eksis di Indonesia adalah Ohlins. Suspensi asal Swedia ini mampu menembus pasar aftermarket nasional bersaing dengan merek-merek supensi lain seperti YSS dan KYB.

Tidak sekadar menjual, Ohlins menawarkan sesuatu yang berbeda yakni dyno suspensi. Ini adalah alat untuk menyesuaikan level suspensi yang berbeda-beda sesuai keinginan pengendara.

Baca juga: Suspensi Ohlins buat Aerox 155 Belum Tersedia

"Dyno ini dihadirkan buat konsumen Ohlins yang ingin disesuaikan levelnya. Jadi kalau dia ingin suspensi lebih keras atau lebih lembut, bisa dihitung di alat ini. Biasanya disesuaikan antara bobot motor dan berat pengendara tersebut, nanti ketemu di level mana yang dibutuhkan," jelas Eddy Saputra, Direktur PT Sena Autopart Indonesia, Kamis (1/11/2018).

Alat ini biasa dipakai di ajang balap sepeda motor, dimana kebutuhan setiap pebalap akan level suspensi pasti berbeda-beda. Konsumen yang biasa turing jarak jauh, atau motornya hanya untuk dipakai harian juga membutuhkan level suspensi yang beda.

Harga versi entry level Ohlins yang ditawarkan di IMOS 2018 ditawarkan mulai Rp 3 jutaan. Suspensi ini bisa untuk skutik seperti Yamaha Mio, Honda Beat dan Scoopy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com